PENYEBAB DAN DAMPAK KEMISKINAN PADA MASYARAKAT DESA (Studi Kasuss di Desa Waikarara, Kecamatan Kodi Balaghar, Kabupaten Sumba Barat Daya)

Detail Cantuman

Skripsi

PENYEBAB DAN DAMPAK KEMISKINAN PADA MASYARAKAT DESA (Studi Kasuss di Desa Waikarara, Kecamatan Kodi Balaghar, Kabupaten Sumba Barat Daya)

XML

ABSTRAK


Kemiskinan merupakan masalah kompleks yang dipengaruhi oleh beberapa penyebab kemiskinan yang saling berkaitan yakni kualitas sumber daya manusia, tingkat pendapatan masyarakat dan pengangguran. Dalam artian lain kemiskinan merupakan salah satu masalah sosial yang masih terjadi di Desa Waikarara, Kecamatan Kodi Balaghar, Kabupaten Sumba Barat Daya. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisisis penyebab dan dampak kemiskinan pada masyarakat Desa Waikarara. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah Teori lingkaran setan kemiskinan (vicious circle of poverty) yang dikemukakan oleh Nurkse (1953). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlokasi di Desa Waikarara Kecamatan Kodi Balaghar Kabupaten Sumba Barat Daya. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 (delapan) orang yaitu terdiri dari 1 tokoh masyarakat, 6 masyarakat miskin dan 1 orang pemerintah desa. Berdasarkan hasil penelitian kemiskinan di Desa Waikarara Kecamatan Kodi Balaghar Kabupaten Sumba Barat Daya, disebabkan oleh beberapa faktor yaitu :1. Masyarakat miskin di Desa Waikarara yang memiliki tanggungan besar dalam memenuhi kebutuhan hidup, seperti biaya pesta woleka, gali tulang, tarik batu kubur, makan-minum dan biaya pendidikan anak yang cukup tinggi, 2. Tingkat pendapatan keluarga yang sangat rendah, 3. Pendidikan masyarakat Desa Waikarara yang rendah, 4. Keterbatasan modal. Berdasarkan penyebab kemiskinan tersebut,berdampak pada hilangnya hak kesejateraan masyarakat seperti sandang, pangan, dan papan dimana masih ada sebagian masyarakat yang tinggal dirumah semipermanen dan tidak layak huni jika dilihat dari aspek kesehatan, hilangnya hak atas pendidikan, dan hal ini akan berdampak bagi anak-anaknya karena ketidakmampuan orang tua dalam menyekolahkan anaknya dan kehilangan hak untuk memperoleh pekerjaan yang layak dikarenakan kepala keluarga memiliki tingkat pendidikan yang rendah sehinggah tidak bisa memperoleh pekerjaan yang lebih menjanjikan. Dampak lainnya adalah tingginya angka kriminal dalam hal ini pencurian dan perampokan. Pemerintah pusat dan pemerintah daerah di harapkan untuk memperhatikan masalah dampak dari kemiskinan yang selalu terjadi di desa waikarara karena desa ini sangat tinggi kasus dampak dari kemiskinan lebih khusus di Desa Waikarara, Kecamatan Kodi Balaghar dan Kabupaten Sumba Barat Daya. Bedasarkan masalah di atas maka saran, pemerintah harus memberikan bantuan langsung lebih khusus di Desa Waikarara berupa sarana pertanian masyarakat yang miskin, dan mengadakan pelatihan atau kusus kepada desa ini untuk menambah wawasan dan meningkatkan kesejahteraan dan pemerintah daerah memerikan selusi untuk di atasi adat yang berlebihan bagi masyakat miskin di wilaya ini.

Kata kunci: Dampak Kemiskinan


Detail Information

Item Type
Penulis
THOMAS TARI WUNGO - Personal Name
Student ID
1634030023
Dosen Pembimbing
SUSANA C L PELLU - 197110222005012001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr.Chris S. Oiladang, M.Si - - Ketua Penguji
Susana C L Pellu - 197110222005012001 - Penguji 1
Drs. Syamsuriady, M.Si - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
SOSIOLOGI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA