Konstruksi Penyandang Spektrum Autisme Dala Drama Korea Extraordinary Attorney Woo (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)

Detail Cantuman

Skripsi

Konstruksi Penyandang Spektrum Autisme Dala Drama Korea Extraordinary Attorney Woo (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)

XML

Drama Korea menjadi salah satu hiburan yang paling populer saat ini. Drama memberikan konstruksi realitas kehidupan yang sarat akan makna. Extraordinary Attorney Woo merupakan sebuah drama korea tentang kisah seorang penyandang spektrum autisme yang bekerja sebagai seorang pengacara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna dan tanda serta representasi penyandang spektrum autism dalam drama korea Extraodrinary Attorney Woo. Metode yang digunakan dalam penelitan ini yaitu analisis semiotika Charles Sanders Peirce dengan tiga tahapannya yaitu sign, object, dan interpretan. Hasil penelitian dalam drama ini menunjukan Woo Young woo merupakan seorang penyadang sindrom asperger yang memiliki kecerdasan intelektual yang sangat tinggi, kemampuan untuk berbicara di depan umum, kepercayaan diri, dan berpikir kreatif. Kemampuannya ini tak terlepas dari dukungan ayahnya dan sahabatnya dalam setiap hal yang ia lakukan. Namun di sisi lain menampilkan kelemahannya seperti, mudah mengalami kecemasan, sulit mengekspresikan emosinya, dan mendapat stereotip negatif serta diskriminasi dari lingkungan masyarakat yang menganggap penyandang spektrum autisme menakutkan, selalu bergantung pada orang lain, bodoh, bahkan tidak layak untuk hidup. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya pemahaman dan penerimaan masyarakat terhadap penyandang spektrum autisme.
Kata Kunci: Konstruksi, Spektrum Autisme, Drama Korea Semiotika


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Meliana Teresia Gengu - Personal Name
Student ID
1903050088
Dosen Pembimbing
Mariana A. N. Letuna - 198408182009122002 - Dosen Pembimbing 1
Henny L.L. Lada - NUPN 9900007799 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Mariana A. N. Letuna - 198408182009122002 - Ketua Penguji
Henny L.L. Lada - NUPN 9900007799 - Penguji 1
Petrus Ana Andung - 197402072008011012 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Gen K
Copyright
Individual Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA