PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EXSAMPLES NON EXSAMPLES DAN CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI BENLUTU TIMOR TENGAH SELATAN

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EXSAMPLES NON EXSAMPLES DAN CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI BENLUTU TIMOR TENGAH SELATAN

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan metode pembelajaran Examples Non Examples dan Ceramah terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI SMA Negeri Benlutu. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Eksperimen. Penelitian ini terdiri dari dua kelompok pengamatan yaitu Kelas Eksperimen dengan menerapkan metode pembelajaran Examples Non Examples dan Kelas Kontrol menggunakan metode pembelajaran Ceramah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS1 dan IPS2 di SMA Negeri Benlutu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa Pre-test dan Post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hopotesis yang digunakan adalah H_O = Tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada penerapan metode pembelajaran Examples Non Examples dan Ceramah terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI SMA Negeri Benlutu dan H_a = Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada penerapan metode pembelajaran Examples Non Examples dan Ceramah terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI SMA Negeri Benlutu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Examples Non Examples dan Ceramah terhadap hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI SMA Negeri Benlutu. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan metode Examples Non Examples sebesar 84,75 dan pada kelas kontrol yang diberi perlakuan metode Ceramah memiliki nilai rata-rata sebesar 74,50. Selain itu hasil uji Independen Sample Test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,00 < 0,05.

Kata Kunci : Pengaruh, Metode, Examples Non Examples, Ceramah, Pembelajaran.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Marlinda Lusiana Teftae - Personal Name
Student ID
1901090107
Dosen Pembimbing
DJAKARIAH - 196612051991031002 - Dosen Pembimbing 1
I Gede W. Wisnuwardana - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Susilo Setyo Utomo - 198906242014041001 - Ketua Penguji
Djakariah - 196612051991031002 - Penguji 1
I Gde Wayan Wisnuwardana - 19861029 201903 1 008 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 Tef P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA