Analisis Potensi Dan Pengembangan Agroforestri Berbasis Kopi Dalam Menunjang Ekonomi Masyarakat Sekitar Kawasan Agrowisata Di Desa Colol Kecamatan Lamba Leda Timur Kabupaten Manggarai Timur

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Potensi Dan Pengembangan Agroforestri Berbasis Kopi Dalam Menunjang Ekonomi Masyarakat Sekitar Kawasan Agrowisata Di Desa Colol Kecamatan Lamba Leda Timur Kabupaten Manggarai Timur

XML

Agroforestri merupakan suatu sistem pengelolaan lahan yang ditawarkan untuk mengatasi masalah yang timbul akibat alih guna lahan untuk mengatasi masalah pangan, bentuk agroforestri secara umum mencakup kebun campuran, tegalan berpohon, loading lahan bera (belukar), kebun pekarangan, hutan tanaman rakyat yang lebih luas dan yang lebih kaya. Desa colol merupakan wilayah yang berada di Kecamatan Lamba Leda Timur Kabupaten Manggarai Timur dengan jumlah penduduk 2.592 jiwa yang pada umumnya berprofesi sebagai petani. Usaha pertanian yang digeluti oleh masyarakat desa colol yaitu budidaya tanaman kopi yang dikelola dengan menggunakan sistem agroforestri.
Analisis SWOT dilakukan untuk memperoleh data mengenai potensi serta strategi terkait pengembangan agroforestri berbasis kopi di Desa Colol Kabupaten Manggarai Timur, berdasarkan informasi mengenai faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternalnya (peluang dan ancaman) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi pengembangan agroforestri berbasis kopi dalam menunjang ekonomi masyarakat sekitar kawasan agrowisata didesa Colol, kecamatan lamba leda timur, Kabupaten Manggarai Timur.
Potensi agroforestri berbasis kopi dalam menunjang ekonomi masyarakat sekitar kawasan agrowisata di Colol Kecamatan Lamba Leda Timur ialah aspek hidrologis dan aspek ekonomi. Sedangkan anjuran strategi yang sesuai untuk pengembangan agroforestri berbasis kopi adalah strategi SO (strenght opportunity), yaitu strategi untuk kekuatan yang ada dengan memanfaatkan peluang yang ada, dengan Ketersediaan lahan dan kondisi geografis yang mendukung harus dioptimalkan untuk pengembangan agroforestri berbasis kopi, permintaan kopi yang terus meningkat, dan dukungan dari pemerintah untuk usaha petani agroforestri berbasis kopi di Desa Colol Kecamatan Lamba Leda Timur. Hal ini sangat penting karena kebijakan pemerintah daerah sangat menentukan arah pembangunan dan pengembangan perkebunan ke depan untuk mendukung ekonomi masyarakat. Memanfaatkan pengalaman dan pengetahuan petani sangat penting dalam pengembangan agroforestri berbasis kopi. Hal ini sangat mendukung dalam budidaya tanaman kopi dengan pola agroforestri serta dalam pengelolaan dan pemasarannya.

Kata kunci: Potensi, Agroforestri Berbasis Kopi, Analisis SWOT, Agrowisata.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
AGUSTINUS CHARLES MURAS - Personal Name
Student ID
1704070047
Dosen Pembimbing
MARIA M. E. PURNAMA - 197606132006042001 - Dosen Pembimbing 1
FADLAN.PRAMATANA - 199411122019031010 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maria M. E. Purnama - 197606132006042001 - Ketua Penguji
FADLAN P.RAMATANA - 199411122019031010 - Penguji 1
Mamie E. Pellondo’u - 198211062006042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54251
Edisi
Published
Departement
Kehutanan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.51 MUR A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA