Skripsi
PENGUNAAN METODE LATIHAN (DRILL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF KAPITAL PADA NAMA DIRI OLEH SISWA KELAS IIC SD GMIT MANUMUTI TARUS
XMLPeneliti mengungkapkan bahwa penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis huruf besar pada nama diri oleh siswa kelas IIC SD GMIT Manumuti Tarus. Penelitian ini menggunakan Penelitian tindakan kelas (PTK). subjek penelitian adalah siswa kelas II yang berjumlah 24 orang.Teknik pengumpulan data meliputi teknik observasi, tes, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memakai metode deskrptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menulis huruf kapital setelah penggunaan metode latihan mengalami peningkatan. Hasil penelitian pada siklus I menggunakan metode latihan menunjukan 15 siswa yang mampu menulis huruf kapital pada nama diri dengan rata-rata hasil belajar siswa 62,5 dan presentase ketuntasan sebesar 37,5%. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dimana terdapat 20 siswa mampu menulis huruf kapital pada nama diri dengan rata-rata 83,29 dan presentase ketuntasan 83,33%. Menurut hasil penelitian tersebut maka disimpulkan bahwa penggunan metode latihan (Drill) bisa menambahkan ketangkasan menulis huruf kapital pada nama diri dan juga dapat meningkatakan hasil belajar siswa kelas IIC SD GMIT Manumuti Tarus.
Kata kunci: Metode Latihan, Menulis, Huruf Kapital
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Stefania Natalia Nae - Personal Name
|
Student ID |
1901140208
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Labu Djuli - 196207031990031002 - Ketua Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Penguji 1 MARKUS SAMPE - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
86206 NAE P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |