Strategi Samsat Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Strategi Samsat Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi pelayanan yang dilakukan oleh kantor SAMSAT di Kota Kupang dalam meningkatkan penerimaan pajak kendaraan bermotor. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pelayanan kantor SAMSAT Kota Kupang dalam meningkatkan penerimaan pajak kendaraan bermotor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah berdasarkan strategi Kantor SAMSAT Kota Kupang untuk meingkatkan pendapatan pajak kendaraan bermotor. Berdasarkan fokus penelitian tersebut, peneliti menggunakan teori dari Porter. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat strategi pelayanan dari kantor SAMSAT dalam meningkatkan pendapatan pajak kendaraan bermotor, strategi dalam meningkatkan pendapatan pajak kendaraan bermotor yang terdiri dari lingkungan internal kantor SAMSAT meliputi perbaikan kualitas pelayanan dan pembinaan kepada para pegawai. Dalam lingkungan eksternal Kantor SAMSAT meliputi sosialisasi kepada wajib pajak, bekerjasama dengan pihak-pihak terkait sebagai upaya peningkatan pendapatan pajak kendaraan bermotor dan inovasi pelayanan-pelayanan kepada masyarakat. Mengoptimalkan lagi kerjasama yang dilakukan oleh kantor SAMSAT dengan pihak kepolisian, pihak desa/kecamatan, pihak Bank NTT dan dealer kendaraan bermotor, menghadirkan pelayanan SAMSAT drive thru, Menghadirkan pelayanan mobil SAMSAT keliling, Menambah jumlah karyawan, menambah jumlah SAMSAT kecamatan, Sosialisasi kepada masyarakat dengan pemetaan wilayah berdasarkan masa pajak kendaraan bermotor dan jumlah tunggakan, Pembentukan kelompok untuk sarana kendaraan motor dan mobil berdasarakan wilayah geografis agar memudahkan pegawai dalam menjangkau wilayah wajib pajak, menjalankan pelaksanan program pelayanan door to door, menjalankan program e-samsat.

Kata Kunci: Pajak Kendaraan Bermotor, Strategi Pelayanan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ELETHA ELSHANDA POHAN - Personal Name
Student ID
1903010194
Dosen Pembimbing
HENDRIK TODA - 198312042009121005 - Dosen Pembimbing 1
Yohanis Ndoda - 195810051987021001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hendrik Toda - 198312042009121005 - Ketua Penguji
Yohanis Ndoda - 195810051987021001 - Penguji 1
William Djani - 196410141989011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 POH S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA