Analisis Dampak Lalu Lintas Pada Pusat Pendidikan Berdasarkan Bangkitan Perjalanan Yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Ruas Jalan Dan Simpang Bersinyal (Studi Kasus : SMPN 2 Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Dampak Lalu Lintas Pada Pusat Pendidikan Berdasarkan Bangkitan Perjalanan Yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Ruas Jalan Dan Simpang Bersinyal (Studi Kasus : SMPN 2 Kupang)

XML

Kota Kupang merupakan ibukota provinsi Nusa Tenggara Timur yang mengalami perkembangan dalam semua bidang, tidak terkecuali bidang pendidikan. Permintaan akan pendidikan yang layak menjadi kebutuhan utama masyarakat,seiring dengan berkembangnya kota kupang namun tidak adanya Andalalin pada saat pembangunan SMPN 2 Kupang yang telah berdiri lebih dari 60 Tahun sehingga perlu untuk dikaji kembali atau dilakukan penelitian yang terkait. Hal tersebut dapat diidentifikasi dari permasalahan-pemasalahan yang terjadi yaitu kemacetan pada saat jam masuk dan keluar sekolah, hal ini juga diperparah dengan letak SMPN 2 Kupang yang berada pada persimpang dengan APIIL yang secara langsung dipengaruhi oleh aktifitas operasional sekolah. Dalam penelitian ini metode yang digunakan untuk mengetahui dampak lalu lintas dari beroperasinya pusat pendidikan SMPN 2 Kupang adalah metode analisis deskriptif dan juga analisis kinerja ruas dan simpang dengan berpedoman pada PKJI 2014. Dimana berdasarkan penelitian didapat kesimpulan bahwa bangkitan perajalanan pada pusta pendidikan SMPN 2 Kupang dipengaruhi oleh faktor tingkat pendapatan, faktor kepemilikan kendaraan, faktor pemilihan moda, faktor jarak tempat tinggal dan faktor waktu keberangkatan yang berpengaruh terhadap kinerja ruas jalan tompelo yang memiliki kapasitas dasar 2320,81 skr/jam dengan diketahui volume tertinggi terjadi pada hari Rabu pukul 12:00-13:00 dengan 1358,65 skr/jam atau sebanyak 3018 kendaraan/jam dengan derajat kejenuhan sebesar 0,59 atau dengan tingkat pelayanan C dan juga didapatkan kesimpulan kinerja simpang dimana Pendekat Cak Doko memiliki kapasitas dasar 763,84 skr/jam,derajat kejenuhan sebesar 0.71,panjang antrian sebesar 23,31 meter dan tundaan rata –rata sebesar 40,55 detik, Pendekat W.Z Johannes memiliki kapasitas dasar 342,21 skr/jam,derajat kejenuhan sebesar 0.65, panjang antrian sebesar 16,07 meter dan tundaan rata –rata sebesar 44.04 detik, Pendekat Tompello memiliki kapasitas dasar 1323,67 skr/jam,derajat kejenuhan sebesar 0,68,panjang antrian sebesar 37,48 meter dan tundaan rata –rata sebesar 31,28 detik, Pendekat Gunung Fatuleu memiliki kapasitas dasar 298,32 skr/jam,derajat kejenuhan sebesar 0,63, panjang antrian sebesar 17,30 meter dan tundaan rata –rata sebesar 42,13 detik sehingga kinerja simpang dikategorikan ke dalam tingkat pelayanan D.
Kata Kunci : Analisis Dampak Lalu Lintas,Bangkitan Perjalanan,Kinerja Lalu Lintas


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1706010006
Dosen Pembimbing
John H. Frans - 197506022001121002 - Dosen Pembimbing 1
JUDI K NASJONO - 196806092000121001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andi Kumalawati - 196310301994122001 - Ketua Penguji
John H. Frans - 197506022001121002 - Penguji 1
Judi K Nasjono - 196806092000121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Teknik Sipil
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
222.01 LAS A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA