Skripsi
PERAN GURU SEBAGAI PEMBIMBING DAN MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS III DI SDI FATUFETO 1 KUPANG
XMLSkripsi oleh Abilda Fifiandi Mone, Nim 1901140124, dengan judul “Peran Guru Sebagai Pembimbing Dan Motivator Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas III SD Inpres Fatufeto 1 Kupang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru sebagai pembimbing dan motivator dalam meningkatkan minat membaca siswa kelas III dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat minat membaca siswa kelas III SDI Fatufeto 1 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 1 guru dan 10 siswa kelas III. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputiteknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Penelitian ini diadakan di SDI Fatufeto 1 Kupang dengan hasil penelitian
menunjukan bahwa peran guru sebagai pembimbing dan motivator dalam meningkarkan minat membaca siswa kelas III SDI Fatufeto 1 Kupang. a) Peran guru sebagai pembimbing meliputi tiga layanan bimbingan yakni 1) bimbingan pribadi diterapkan dengan guru membimbing setiap siswa yang mengalami kesulitan membaca dengan pendekatan individual. 2) bimbingan sosial, diterapkan guru dengan mengajak semua siswa untuk berkolaborasi, berinteraksi dan bekerja sama dalam proses pembelajaran. 3) bimbingan belajar, diterapkan guru dengan membimbing siswa khususnya dalam membaca dengan suara yang lantang, penggunaan tanda baca, intonasi dan pelafalan yang baik dan benar. Bimbingan diberikan guru melalui kegiatan literasi sebelum proses pembelajaran, dengan bimbingan yang diberikan siswa semakin semangat dan giat dalam belajar dan membaca. b) Peran guru sebagai motivatorditerapkan dengan pemberian kalimat pujian, memberikan cerita-cerita yang menginspirasi dan mendorong atau mengarahkan siswa membaca di perpuskaan dan pojok membaca. Adapun Faktor pendukung dan penghambat minat siswa kelas III: a) Faktor pendukung meliputi: Guru, sarana prasarana dan lingkungan sekolah yang kondusif. b) Faktor penghambat meliputi: kurangnya kebiasaan membaca dan lingkungan keluarga yang kurang mendukung.Berdasarkan hasil penelitian di atas disimpulkan bahwa peran guru sebagai pembimbing dan motivator dalam meningkatkan minat membaca siswa kelas III sangat membantu siswa dalam mengembangkan minat membaca.
Kata Kunci : Peran Guru Pembimbing, Motivator, Minat Membaca
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Abilda Fifiandi Mone - Personal Name
|
Student ID |
1901140124
|
Dosen Pembimbing |
Silvester P. Taneo - 19601126 198803 1 005 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Martha Kristin Kota, S.Pd, M.Pd NUPN. 990000 7842 - - Penguji 1 Dr. Angelikus N. Koten, M.Pd NIP. 19610916 198702 1 001 - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 MON P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |