PEMANFAATAN MEDIA FILM SEJARAH SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DIKELAS XI SMAN 3 KUPANG TIMUR

Detail Cantuman

Skripsi

PEMANFAATAN MEDIA FILM SEJARAH SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DIKELAS XI SMAN 3 KUPANG TIMUR

XML

Pendidikan adalah keseluruhan proses teknik dan metode belajar mengajar dalam rangka mengalihkan suatu pengetahuan dari seseorang kepada orang lain sesuai dengan standar yang telah di tetapkan. Berkaitan dengan masalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah tidak mengalami perkembangan yang signifikan yang dikarenakan oleh pembelajaran yang hanya terpusat pada guru, media yang digunakan masih konvensional dan guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab, serta penugasan pada kelas XI MIA 1 SMA Negeri 3 Kupang Timur. Mengembangkan pembelajaran untuk mata pelajaran sejarah bisa memanfaatkan film sejarah sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Menurut Arikunto (2007:62) menjelaskan beberapa karakteristik Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tersebut, antara lain (1) adanya tindakan nyata yang dilakukan dalam situasi alami dan ditu jukan untuk menyelesaikan masalah, (2) menambah wawasan keilmiahan dan keilmuan, (3) sumber permasalahan berasal dari masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, (4) permasalahan yang diangkat bersifat sederhana, nyata, jelas, dan penting, serta (5) ada tujuan penting dalam pelaksanaan PTK, yakni meningkatkan profesionalisme guru, serta keputusan kelompok, yang bertujuan untuk meningkatkan dan menambah pengetahuan.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan memanfaatkan media film sejarah sebagai sumber pembelajaran dengan hasil analisis pada siklus I sampai dengan siklus II menunjukkan bahwa pemanfaatan media film sejarah sebagai sumber pembelajaran mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan data hasil siklus I peneliti menilai bahwa, pencapaian kriteria observasi guru dan siswa belum memenuhi indikator keberhasilan. Pada pelaksanaan siklus II ini mengalami peningkatan hasil belajar. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti pada siswa kelas XI MIA1 SMA Negeri 3 Kupang Timur dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini, pemanfaatan media film sebagai sumber pembelajaran sejarah pada pokok bahasan Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas XI MIA1 SMA Negeri 3 Kupang Timur dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pemanfaatan Media Film, Sumber Pembelajaran Sejarah


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Simeon Anderias Giri - Personal Name
Student ID
1901090031
Dosen Pembimbing
I Gede W. Wisnuwardana, S.Pd., M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
FLAFIUS SELFIANUS RATO - 198702202019031009 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
I Gede W. Wisnuwardana - - Ketua Penguji
FLAFIUS SELFIANUS RATO - 198702202019031009 - Penguji 1
Delsy A. Dethan - 198212192014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 Gir P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA