KEBIJAKAN PEMBANGUNAN DESA (Studi Kasus Pemerataan Pembangunan Di Desa Ubu Raya Kecamatan Loli Kabupaten Sumba Barat Tahun 2019)

Detail Cantuman

Skripsi

KEBIJAKAN PEMBANGUNAN DESA (Studi Kasus Pemerataan Pembangunan Di Desa Ubu Raya Kecamatan Loli Kabupaten Sumba Barat Tahun 2019)

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan pembangunan dan faktor-faktor penghambat pemerataan kebijakan pembangunan di Desa Ubu Raya Kecamatan Loli Kabupaten Sumba Barat Tahun 2019. Dalam penelitian ini digunakan metodologi kualitatif, yang memiliki karakteristik alami (natural setting) sebagai sumber data langsung. Teori yang digunakan adalah teori tahap kebijakan dengan indikator Wiliam Ndun yang meliputi perumusan kebijakan, implementasi kebijakan dan evaluasi kebijakan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan sebagai berikut: pertama, Pada tahap penyusunan agenda dari pemerintah desa tidak melakukan tahap pengambilan kebijakan dengan baik, hal ini disebabkan karena aparat desa tidak mengetahui tugas dan fungsinya dengan baik dan tidak melibatkan masyarkat. Sehingga dalam proses penentuan skala prioritas masalah tidak berjalan dengan baik..Kedua, dalam tahap implementasi kebijakan pemerintah desa kemudian tidak melibatkan masyarakat yang memiliki kapasitas dan kekampuan dalam pelaksanaan pembangunan, namun masyarakat yang dilibatkan merupakan orang-orang yang dekat dengan pemerintah. Ketiga, Tahap evaluasi kebijakan pembangunan dalam desa hanya semata-mata dilakukan karena tuntutan regulasi, sebab pihak yang berwenang untuk kemudian melakukan evaluasi terhadap kebijakan pembangunan dalam desa juga tidak melakukan tugasnya dengan baik dan benar. sedangkan faktor yang menjadi penghambat pemerataan kebijakan pembangunan yaitu aktor kebijakan, sumber daya manusia dan transparansi pemerintah desa.

Kata kunci: Kebijakan Pembangunan, Pemerataan, Desa


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
INOCENSIUS YOHANES NGONGO
Dosen Pembimbing
Penguji
Frans B. Ricky Humau, S.IP, M.IP - - Penguji 1
Markus Tae - 197004152000031003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 Ngo K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA