PENGARUH PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES BESAKOLKA KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES BESAKOLKA KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

XML

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji adanya pengaruh yang signifikan terhadap model Inkuiri Terbimbing (Quided Inquiry) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres
Besakolka Kabupaten Timor Tengah Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimentasl Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas V SD Inpres Besakolka Kabupaten Timor Tengah Selatan dengan jumlah 22 orang. Teknik pengambilan sampel adalah sampel populatif. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa soal pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SD inpres Besakolka yang terletak dijalan Konis Faot, Desa Tetaf, Kecamatan Kuatnana, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Hasil penelitian membuktikan adanya pengaruh yang signifikan antara model Inkuiri Terbimbing (Quided Inquiry) terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan rata-rata hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan menerapkan model Inkuiri Terbimbing (Quided Inquiry) mencapai 95,00 lebih tinggi dari pada nilai sebelum menerapkan model Inkuiri Terbimbing (Quided Inquiry) pada pembelajaran yang hanya mencapai 45,57 pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS Versi 20 dilakukan dengan uji-t yaitu Paired sample T-Test diperoleh nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000-0,05.

Kata kunci : Model Inkuiri Terbimbing (Quided Inquiry), Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Meti Bako - Personal Name
Student ID
1901140093
Dosen Pembimbing
Taty R. Koroh - 19621004 198811 2 001 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Ketua Penguji
Taty R Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206 BAK P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA