Skripsi
PENGARUH PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES BESAKOLKA KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN
XML
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji adanya pengaruh yang signifikan terhadap model Inkuiri Terbimbing (Quided Inquiry) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres
Besakolka Kabupaten Timor Tengah Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimentasl Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas V SD Inpres Besakolka Kabupaten Timor Tengah Selatan dengan jumlah 22 orang. Teknik pengambilan sampel adalah sampel populatif. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa soal pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SD inpres Besakolka yang terletak dijalan Konis Faot, Desa Tetaf, Kecamatan Kuatnana, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Hasil penelitian membuktikan adanya pengaruh yang signifikan antara model Inkuiri Terbimbing (Quided Inquiry) terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan rata-rata hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan menerapkan model Inkuiri Terbimbing (Quided Inquiry) mencapai 95,00 lebih tinggi dari pada nilai sebelum menerapkan model Inkuiri Terbimbing (Quided Inquiry) pada pembelajaran yang hanya mencapai 45,57 pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS Versi 20 dilakukan dengan uji-t yaitu Paired sample T-Test diperoleh nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000-0,05.
Kata kunci : Model Inkuiri Terbimbing (Quided Inquiry), Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Meti Bako - Personal Name
|
Student ID |
1901140093
|
Dosen Pembimbing |
Taty R. Koroh - 19621004 198811 2 001 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Ketua Penguji
Taty R Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1 Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
86206 BAK P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |