IDENTIFIKASI KOMPONEN SENYAWA METABOLIT SEKUNDER SERTA UJI AKTIVITAS TABIR SURYA EKSTRAK ETANOL KULIT KAYU SOGA (Pelthophorum pterocarpum)

Detail Cantuman

Skripsi

IDENTIFIKASI KOMPONEN SENYAWA METABOLIT SEKUNDER SERTA UJI AKTIVITAS TABIR SURYA EKSTRAK ETANOL KULIT KAYU SOGA (Pelthophorum pterocarpum)

XML

Telah dilakukan penelitian tentang identifikasi komponen senyawa Metabolit Sekunder serta uji aktivitas tabir surya ekstrak etanol kayu Soga (Pelthophorum pterocarpum) yang diperoleh dari daerah Sikumana - Kupang NTT. Penelitian ini bertujuan untuk menguji komponen senyawa metabolit sekunder dengan uji fitokimia dan uji aktivitas tabir surya untuk menentukan konsentrasi ekstrak etanol dalam kayu Soga (Pelthophorum pterocarpum) menggunakan spektrofotometri ultraviolet visibel yang menghasilkan nilai tabir surya sehingga diperoleh nilai SPF-nya. Ekstraksi dilakukan dengan cara maserasi dengan pelarut etanol, yang kemudian dilakukan evaporasi untuk menghilangkan pelarut. Aktivitas tabir surya dan nilai SPF ditentukan dengan mengukur absorbansi ekstrak pada beberapa variasi konsentrasi, menggunakan spektrofotometri UV-Vis. Hasil uji aktivitas tabir surya menggunakan metode spektroskopi Ultraviolet Visibel menunjukkan bahwa larutan ekstrak etanol kayu Soga (Pelthophorum pterocarpum) mampu menyerap radiasi ultraviolet pada rentang panjang gelombang 290-320 nm (UV-B) dengan panjang gelombang maksimum 290 nm dan nilai SPF yang diperoleh sebesar 8,42 pada konsentrasi 50 ppm termasuk jenis proteksi maksimal.
Kata Kunci: Ekstrak; Kayu Soga; Senyawa Metabolit Sekunder, Tabir surya


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Saveriana Bahi - Personal Name
Student ID
1901060088
Dosen Pembimbing
I GUSTI MADE NGURAH BUDIANA - 197107231998021001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Jasman - 196906111994031001 - Ketua Penguji
I Gusti Made Ngurah Budiana - 197107231998021001 - Penguji 1
DORTHEA M. W. NAY - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84204
Edisi
Published
Departement
FKIP/Pendidikan Kimia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.04 Bah I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA