Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Bangsa DI SMP Negeri 11 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Bangsa DI SMP Negeri 11 Kupang

XML

Rumusan Masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah Implementasi profil pelajar Pancasila di SMP Negeri 11 Kupang? (2) Bagaimanakah hambatan mengimplementasikan profil pelajar Pancasila dalam pembentukan karakter bangsa di SMP Negeri 11 Kupang?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan implementasi profil pelajar Pancasila di SMP Negeri 11 Kupang, (2) Untuk mendeskripsikan hambatan mengimplementasikan profil pelajar Pancasila dalam pembentukan karakter bangsa di SMP Negeri 11 Kupang.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan,baik data primer maupun sekunder yang diperoleh di lapangan dianalisis dengan cara merangkum hal-hal pokok, menyajikan data ke dalam bentuk kalimat yang mudah dipahami, dan menarik kesimpulan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah SMP Negeri 11 Kupang dan Guru PPKn SMP Negeri 11 Kupang.
Hasil penelitian menunjukan implementasi profil pelajar Pancasila dalam pembentukan karakter bangsa di SMP Negeri 11 Kupang dilakukan dengan beberapa dimensi profil pelajar pancasila yaitu sebagai berikut (1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Esa dan Berakhlak Mulia, (2) Berbhinekaan Global, (3) Gotong royong, (4) Mandiri, (5) Bernalar Kritis, (6) Kreatif. Hambatan yang menimbulkan minimnya sesuatu yang di informasikan oleh peserta didik, antara lain terbatasnya waktu yang di informasikan oleh peserta didik SMP Negeri 11 Kupang, terbatasnya waktu Aktivitas Belajar Mengajar, substansi pelajaran yang sedikit, terbatasnya Ilmu Teknologi yang dicoba oleh pendidik, atensi pelajar yang
sangat kurang terhadap mata pelajaran. Untuk hambatan yang berasal dari guru solusi yang dilaksanakan dengan mengikut sertakan guru mapel penggerak, serta pendampingan pemanfaatan IT oleh guru yang kompeten.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Nurul Hudayah - Personal Name
Student ID
1901070118
Dosen Pembimbing
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Fredik L. Kollo - 19920208 202203 1 009 - Ketua Penguji
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Penguji 1
Dorkas Y. A kale - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Yah I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA