Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SMA NEGERI 2 KUPANG
XMLPenelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas X IPS SMA Negeri 2 Kupang. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini dilakukan di kelas X IPS SMA Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2023/2024. Metode penelitian adalah kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Kupang yang berjumlah 141 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 dan 3 yang berjumlah 72 siswa yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh t_hitung= 4,310 dan t_tabel = 2,319. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa │t_hitung│>t_tabelmaka H_o ditolak dan H_a diterima. Artinya 4,310 > 2,319, sehingga hipotesis alternatif yang diajukan dapat diterima yaitu model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap hasil Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 2 Kupang.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Lusia Rambu Lubu Beba - Personal Name
|
Student ID |
1901080050
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Markus Umbu K. Yewang, MM - - Dosen Pembimbing 1
Andri Paulus Loe - 199105272019031014 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
MARKUS UMBU K. YEWANG - 196412231994031002 - Ketua Penguji
Andri Paulus Loe, S.Pd, M.Pd - 199105272019031014 - - Penguji 1 Dr. Ari Data, S.Pd., MM - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.03 Beb P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |