AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PEMERINTAH DESA DALAM PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (ADD) DI DESA KOLOBOLON KECAMATAN LOBALAIN KABUPATEN ROTE NDAO

Detail Cantuman

Skripsi

AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PEMERINTAH DESA DALAM PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (ADD) DI DESA KOLOBOLON KECAMATAN LOBALAIN KABUPATEN ROTE NDAO

XML

Skripsi dengan judul : Akuntabilitas Dan Transparansi Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) Di Desa Kolobolon Kecamatan Lobalain Kabupaten Rote Ndao. Penulis memilih judul ini berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan. Metode yang digunakan adalah metode Kualitatf Deskriptif. Lokasi penelitian Desa Kolobolon, fokus penelitian akuntabilitas dan transparansi Desa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yakni, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh akan direduksi berdasarkan keperluan, kemudian dikumpulkan lalu disimpulkan untuk disajikan.
Alokasi Dana Desa (ADD) merupakan salah satu bentuk hubungan keuangan antar tingkat pemerintahan, yaitu hubungan keuangan antara pemerintahan kabupaten dengan pemerintahan desa. Untuk dapat merumuskan hubungan keuangan yang sesuai maka diperlukan pemahaman mengenai kewenangan yang dimiliki pemerintah desa. Artinya, anggaran pemerintah yang diberikan kepada desa terkait sepenuhnya adalah untuk fasilitas pembangunan dan pemberdayaan desa sebagai salah satu lembaga yang andil dalam format kepemerintahan. Dana tersebut harus digunakan dan dialokasikan sebagai mana mestinya, sesuai dengan undang - undang dan ketentuan-ketentuan yang berlaku yang telah ditetapkan pemerintah Indonesia sehingga dengan Alokasi Dana Desa (ADD) tersebut, mampu meningkatkan pembangunan desa, partisipasi masyarakat dalam memberdayakan dan mengimplementasikan bantuan tersebut untuk ke depan.
Dapat disimpulkan bahwa akuntabilitas dan transparansi dana desa di kolobolon sudah baik dan masyarakat di libatkan dalam setiap kegiatan yang dilakukan di desa hal ini sangat membanti perekonomian desa.

Kata kunci : Dana desa, akuntabilitas,transparansi.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Irfan Winaldi Hendrik - Personal Name
Student ID
1703040076
Dosen Pembimbing
Ananias R.P. Jacob - 199208142019011001 - Dosen Pembimbing 1
Frans W. Muskanan - 8886423419 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ananias Rion Jacob - 199208142018031001 - Ketua Penguji
Frans W. Muskanan - 8886423149 - Penguji 1
Rouwland A. Benyamin - 198108012023211006 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 Hen A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA