Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PLANTAE DI KELAS X SMA NEGERI 1 NUBATUKAN
XMLPenelitian tentang pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar siswa pada materi plantae di kelas X SMA Negeri 1 Nubatukan yang telah dilaksanakan pada tanggal 04 Februari 2023 sampai 16 Februari 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran TGT terhadap minat belajar siswa pada materi plantae di kelas X SMA Negeri 1 Nubatukan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain yang digunakan pretest-postest control group design yang menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen mengunakan model pembelajaran TGT dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional yang pengambilan sampelnya menggunakan
teknik purposive sampling, dengan instrumen yang digunakan yaitu angket minat belajar, lembar observasi minat, dan lembar wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dengan uji hipotesis menggunakan uji paired sampel ttest.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan minat belajar yaitu pada kelas kontrol sebesar 26,67% dan kelas eksperimen sebesar 54,55% dengan selisih peningkatannya sebesar 27,88% dan hasil uji hipotesis yaitu t-test diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima dengan kata lain ada pengaruh model pembelajaran TGT terhadap minat belajar siswa pada materi plantae di kelas X SMA Negeri 1 Nubatukan. Hal tersebut terjadi karena pada model pembelajaran TGT di kelas eksperimen siswa lebih bersemangat dan antusias karena situasi belajar yang menyenangkan karena dilakukan sambil bermain sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dimana model ini hanya berpusat pada guru sehingga siswa pun terlihat bosan dan jenuh dengan pembelajaran tersebut.
Kata kunci: Minat Belajar, Model Pembelajaran TGT
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Andriana Fransiska Kire - Personal Name
|
Student ID |
1801040074
|
Dosen Pembimbing |
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 1
YUSNAENI - 197502032000122001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Andam S Ardan - 197205271999032001 - Ketua Penguji
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Penguji 1 Yusnaeni - 197502032000122001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Biologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.05 KIR P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |