Model Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus ( Tunagrahita )

Detail Cantuman

Skripsi

Model Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus ( Tunagrahita )

XML

Penelitian ini berangkat dari permasalahan tentang model pembelajaran seperti apa yang guru atapun orang tua terapkan terhadap anak tunagrahita. Anak tunagrahita adalah anak yang memiliki kecerdasan di bawah rata-rata, selain itu mereka juga memiliki keterbelakangan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan Secara umum dan yang sudah lama dikenal tunagrahita diklasifikasikan menurut American Association on Mental Deficiency (AAMD) sebagai debil (ringan), imbesil (sedang), dan idiot (berat) (Septiyani, 2015). Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran model pembelajaran yang di terapkan pada anak tunagrahita menggunakan teknik wawancara semiterstruktur dengan analisis model Miles and Huberman. Partisipan berjumlah 4 orang yakni 2 orang guru yang mengajar anak tunagrahita di sekolah dasar SLB N Pembina Kupang dan 2 orang tua dari anak tunagrahita. Hasil penelitian ini dijabarkan pada 3 tema utama yaitu sikap guru/orang tua, model pembelajaran, dan media pembelajaran sedangkan subtema dalam penelitian ada 8 subtema yaitu sabar dan murah senyum, merasa terpanggil, memahami karakter atau minat siswa, pembelajaran bersifat konkrit, kreativitas guru, memberikan ujian/tes, media gambar, media permainan atau alat yang di gunakan dalam proses pembelajaran. Metode yaitu uji keabsahan data dilakukan oleh member check dan audit trail.

Kata kunci: Anak Tunagrahita, Model Pembelajaran, Media Pembelajaran.
Daftar Pustaka: 26 ( 2004-2017)


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
KHRISTINA YOS LANGGAR - Personal Name
Student ID
1607020063
Dosen Pembimbing
INDRA YOHANES KILING - 198706192018031001 - Dosen Pembimbing 1
Juliana M.Y. Benu - 199103182019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Indra Yohanes Kiling - 198706192018031001 - Ketua Penguji
Juliana M.Y. Benu - 199103182019032020 - Penguji 1
Serlie K A Littik - 197709232006042002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
73201
Edisi
Published
Departement
Psikologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
732.01 LAN M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA