Tinjauan Kriminologis Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Anak Oleh Anggota Keluarga (Studi Kasus di Kepolisian Resor Manggarai Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Tinjauan Kriminologis Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Anak Oleh Anggota Keluarga (Studi Kasus di Kepolisian Resor Manggarai Timur)

XML

Anak merupakan bagian dari generasi penerus cita-cita bangsa di masa mendatang. saat ini marak terjadi kejahatan terhadap anak, salah satunya yakni persetubuhan dan pencabulan baik yang dilakukan oleh anak itu sendiri maupun orang dewasa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah faktor yang menyebabkan terjadinya persetubuhan terhadap anak oleh anggota keluarga di Kabupaten Manggarai Timur? (2) Bagaimanakah upaya penanggulangan tindak pidana pencabulan terhadap anak oleh anggota keluarga di Kabupaten Manggarai Timur?
Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris. Data yang diperoleh melalui data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: jumlah kasus kekerasan seksual masih marak terjadi khususnya kasus persetubuhan dan pencabulan terhadap anak yang pelakunya adalah anggota keluarga atau orang terdekat dari korban. Sepanjang tahun 2022-2023 terdapat tiga kasus persetubuhan anak yang terlapor dengan pelaku adalah orang terdekat atau anggota keluarga korban yang ditangani oleh pihak Kepolisian Resor Manggarai Timur dan dapat disimpulkan bahwa: (1) Faktor penyebab terjadinya persetubuhan anak oleh anggota keluarga antara lain: faktor lingkungan dan tempat tinggal, faktor minuman keras atau alkohol, faktor adanya kesempatan. (2) Upaya penanggulangan tindak pidana persetubuhan anak oleh anggota keluarga yakni meliputi upaya melakukan penyuluhan hukum serta edukasi dan penanaman nilai atau norma yang baik, upaya melakukan patroli atau razia secara rutin. Berdasarkan kesimpulan ini maka dapat disarankan kepada semua pihak, baik itu dari pihak kepolisian, pemerintah, keluarga maupun kalangan masyarakat sama-sama bersatu memerangi segala bentuk tindakan atau kemungkinan yang dapat menyebabkan terjadinya kekerasan seksual terhadap anak serta sama-sama berupaya untuk menanggulangi segala bentuk kekerasan seksual terhadap anak baik itu pelakunya orang terdekat hingga orang yang tidak dikenal.

Kata kunci: Faktor Penyebab, Kekerasan Seksual, Anak, Upaya Penanggulangan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SULISTIAWATI - Personal Name
Student ID
1902010453
Dosen Pembimbing
Aksi Sinurat - 196110161988031002 - Dosen Pembimbing 1
ROSALIND ANGEL FANGGI - 198112122005012002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Orpa Ganefo Manuain - 196310201989012001 - Ketua Penguji
Aksi Sinurat - 196110161988031005 - Penguji 1
Rosalind Angel Fanggi - 198112122005012002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 SUL T
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA