PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TENTANG ORGAN PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS V UPTD SDN OESAPA KECIL 2 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TENTANG ORGAN PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS V UPTD SDN OESAPA KECIL 2 KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswatentangkewajibandanhaksebagaiwargamasyarakatmelaluimodelkooperatiftipetakeandgive.Jenispenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan sebagai berikut : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dengan mengambil lokasi di kelas IV SD Negeri Oetete 1 Kupang. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang, dengan rincian 14 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Datayang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis desktiptif kalitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model take and give dapat meningkatkan hasilbelajar siswa yaitu dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 61,80 meningkat menjadi 80,29. Presentase ketuntasan belajar mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I presentase ketuntasansiswa sebesar 43,33% meningkat menjadi 86,67% pada siklus II, dengan peningakatan presentase sebesar 43,34% dari 30 siswa. Hasil aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I dengannilai rata-rata kelas sebesar 64,66 menjadi 80,16 pada siklus II. Sedangkan pada aktivitas guru, nilai yang diperolehpadasiklusIsebesar80danpadasiklusIIaktiviasgurudalam pembelajaran mendapat nilai 90 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tentang kewajiban dan hak sebagai wargamasyarakat dengan pengunaan model take and give dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri Oetete 1 Kupang


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Rimy Elisabeth Pello - Personal Name
Student ID
1801140078
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Pel P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA