Skripsi
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TENTANG ORGAN PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS V UPTD SDN OESAPA KECIL 2 KUPANG
XMLPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswatentangkewajibandanhaksebagaiwargamasyarakatmelaluimodelkooperatiftipetakeandgive.Jenispenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan sebagai berikut : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dengan mengambil lokasi di kelas IV SD Negeri Oetete 1 Kupang. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang, dengan rincian 14 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Datayang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis desktiptif kalitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model take and give dapat meningkatkan hasilbelajar siswa yaitu dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 61,80 meningkat menjadi 80,29. Presentase ketuntasan belajar mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I presentase ketuntasansiswa sebesar 43,33% meningkat menjadi 86,67% pada siklus II, dengan peningakatan presentase sebesar 43,34% dari 30 siswa. Hasil aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I dengannilai rata-rata kelas sebesar 64,66 menjadi 80,16 pada siklus II. Sedangkan pada aktivitas guru, nilai yang diperolehpadasiklusIsebesar80danpadasiklusIIaktiviasgurudalam pembelajaran mendapat nilai 90 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tentang kewajiban dan hak sebagai wargamasyarakat dengan pengunaan model take and give dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri Oetete 1 Kupang
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Rimy Elisabeth Pello - Personal Name
|
Student ID |
1801140078
|
Dosen Pembimbing |
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1 Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Pel P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |