Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Pada Mata Pelajaran Penjas Di Kelas IV SD Negeri Beumopu
XMLModel pembelajaran sangat dibutuhkan untuk mencapai proses belajar mengajar yang aktif. Sedangkan pada penerapan di sekolah guru kurang bervariasi dalam menggunakan model pembelajaran, akibatnya siswa merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga aktivitas siswa tidak lagi terfokus terhadap materi yang di ajarkan, dimana siswa tidak lagi memperhatikan guru yang sedang menjelaskan di depan, membuat kegaduhan, mengganggu teman yang sedang fokus memprhatikan guru yang mengajar, dan membuat keributan. Dengan demikian tidak mencapai proses belajar mengajar yang aktif. Oleh sebab itu peneliti ingin mengetahui bagaimana aktivitas guru dan siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang meliputi 3 tahap yaitu uji prasyarat, uji normalitas, dan uji homogenitas instrumen penelitian ini menggunakan tes awal (pretes) dan tes ahkir (postes), subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri beumopu yang berjumlah 16 orang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap peningkatan passing siswa kelas IV SD Negeri beumopu. Hal ini terlihat dari uji hipotesis dapat dilihat bahwa nilai sig 0.000 < 0,05 maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) di terima.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Hasil Belajar Siswa
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
SYARIFUDIN BAHARSA - Personal Name
|
Student ID |
1701150112
|
Dosen Pembimbing |
Ronald D.A. Fufu - 199210132019031012 - Dosen Pembimbing 1
Jurdan M Siahaan - 198803042020121006 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Michael J. H. Louk - 19870520201531015 - Ketua Penguji
Ronald D. A Fufu - 199210132019031012 - Penguji 1 Jurdan M Siahaan - 198803042020121006 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
85201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Jasmani, kesehatan dan Rekreasi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
852.01 BAH P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |