Tesis
Analisis Manajemen Dinas Kesehatan Dalam Pelaksanaan Sistem Informasi Kesehatan Daerah (Sikda) Di Kabupaten Malaka
XMLFungsi-fungsi manajemen diterapkan berdasarkan tahapan-tahapan di dalam
proses manajemen antara lain adalah perencanaan, pengorganisasian, penggerakan
dan pengawasan. Empat fungsi manajemen ini sangat berperan penting dalam
mengoptimalkan pelaksanaan SIKDA di kabupaten Malaka. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif.Dalam penelitian ini metode yang
digunakan adalah menggunakan metode wawancara mendalam dan FGD. Tujuan
penelitian ini untuk menganalisis fungsi manajemen Dinas Kesehatan dalam
pelaksanaan Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA) di Kabupaten Malaka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Fungsi perencanaan sudah berjalan
dengan baik, perencanaan Sumber Daya Manusia, perencanaan Dana, dan
perencanaan Sarana Prasarana telah dilakukan dengan baik 2) Fungsi
pengorganisasian belum berjalan dengan baik, karena dalam pengorganisasian
Tim Kerja Pengelola SIKDA belum ada Tim yang dibentuk dan belum terdapat
struktur organisasi. 3) Fungsi penggerakan sudah berlangsung dengan baik 4)
Fungsi pengawasan belum berlangsung dengan baik, karena tidak dilakukan
evaluasi dan umpan balik dalam pelaksanaan SIKDA.
Kata Kunci: Fungsi Manajemen, Perencanaan, Pengorganisasian,
Penggerakan dan Pengawasan
Detail Information
Item Type |
Tesis
|
---|---|
Penulis |
Emiliana Epifania - Personal Name
|
Student ID |
1911080041
|
Dosen Pembimbing |
PIUS WERAMAN - 196405011984111001 - Dosen Pembimbing 1
MUNTASIR - 197008162000121001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Pius Weraman - 196405011984111001 - Ketua Penguji
Jacob M Ratu - 196905221195121001 - Penguji 1 Anderias Umbu Roga - 196504071994031004 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
13101
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Kesehatan Masyarakat
|
Kontributor |
MUNTASIR - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
131.01 EPI A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |