Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 OH’AEM KECAMATAN AMFOANG SELATAN KABUPATEN KUPANG
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri 2 Oh’aem Kecamatan Amfoang Selatan Kabupaten Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ekperimen kontrol dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 oh’aem dengan jumlah populasi 37 orang dan sampel 30 orang. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan uji normalitas, homogenitas dan hipotesisdengan bantuan program SPSS.20. Hasil penelitian menunjukan bahwa di kelas IV SD Negeri 2 oh’aem memiliki pembelajaran mind mapping dominan baik yaitu 15 siswa dengan presentase 50% dan hasil belajar yang diperoleh melalui kategori yaitu sangat kurang baik dengan jumlah siswa 20 orang dengan presentase 66,7% Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa di SD Negeri 2 oh’aem dengan menggunakan metode pembelajaran mind mapping maka hasil belajar menurun.
Kata Kunci: Model Pembelajaran., mind mapping., Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Datisari Clarita Baitanu - Personal Name
|
Student ID |
1901140164
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Penguji 1 MARKUS SAMPE - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
86206 BAI P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |