PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS GAME EDUKASI DENGAN APLIKASI EDUCANDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MITIGASI BENCANA ALAM DI SMA NEGERI 5 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS GAME EDUKASI DENGAN APLIKASI EDUCANDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MITIGASI BENCANA ALAM DI SMA NEGERI 5 KUPANG

XML

Penelitian ini menggunakan model pembelajaran group investigation dalam proses pembelajarandikelas dengan memanfaatkan educandy sebagai aplikasi pembuat game. Tujuan penelitian iniyaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation berbasis game edukasiterhadap hasil belajar siswa SMAN 5 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif,metode yang digunakan yaitu quasi eksperimental dengan bentuk desain penelitian yaitunonequvalent control grup design.Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XIIPS dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa (1) Adanya pengaruh menggunakan model group investigation berbasis gameedukasi terhadap hasil belajar siswa yang di buktikan dari hasil uji independen sample T-Testmenggunakan SPSS yaitu di peroleh Sig.(2-tailed) 0,00<0,05 dengan demikian Ho ditolak makaHa diterima. Artinya hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaanyang signifikan. Sehingga dapat dikatakan bahwa treathment yang diberikan dengan menggunakanmodel pembelajaran group investigation berbasis game edukasi berpengaruh terhadap hasil belajar.(2) rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model group investigation berbasis gameedukasi (85,57) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan metode ceramah ataukonvensional (82,66).

Kata Kunci: Group Investigation, Game Educandy, Hasil Belajar Siswa


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Lorensia Djara - Personal Name
Student ID
1901100047
Dosen Pembimbing
Penguji
Drs. Mikael Samin, M.Si. - 196209181990031003 - Ketua Penguji
Bella Theo Tomi Pamungkas, S.Pd., M.Pd - - Penguji 1
Agustinus Hale Manek, S.Pd., M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87202
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.02 Dja P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA