Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS GAME EDUKASI DENGAN APLIKASI EDUCANDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MITIGASI BENCANA ALAM DI SMA NEGERI 5 KUPANG
XMLPenelitian ini menggunakan model pembelajaran group investigation dalam proses pembelajarandikelas dengan memanfaatkan educandy sebagai aplikasi pembuat game. Tujuan penelitian iniyaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation berbasis game edukasiterhadap hasil belajar siswa SMAN 5 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif,metode yang digunakan yaitu quasi eksperimental dengan bentuk desain penelitian yaitunonequvalent control grup design.Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XIIPS dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa (1) Adanya pengaruh menggunakan model group investigation berbasis gameedukasi terhadap hasil belajar siswa yang di buktikan dari hasil uji independen sample T-Testmenggunakan SPSS yaitu di peroleh Sig.(2-tailed) 0,00<0,05 dengan demikian Ho ditolak makaHa diterima. Artinya hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaanyang signifikan. Sehingga dapat dikatakan bahwa treathment yang diberikan dengan menggunakanmodel pembelajaran group investigation berbasis game edukasi berpengaruh terhadap hasil belajar.(2) rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model group investigation berbasis gameedukasi (85,57) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan metode ceramah ataukonvensional (82,66).
Kata Kunci: Group Investigation, Game Educandy, Hasil Belajar Siswa
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Lorensia Djara - Personal Name
|
Student ID |
1901100047
|
Dosen Pembimbing |
Bella Theo Tomi Pamungkas, S.Pd., M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Drs. Mikael Samin, M.Si. - 196209181990031003 - Ketua Penguji
Bella Theo Tomi Pamungkas, S.Pd., M.Pd - - Penguji 1 Agustinus Hale Manek, S.Pd., M.Pd - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.02 Dja P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |