Fungsi Pengawasan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dalam Pembangunan Desa Di Desa Golo Munde, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Detail Cantuman

Skripsi

Fungsi Pengawasan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dalam Pembangunan Desa Di Desa Golo Munde, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

XML

Badan Permusyawaratan Desa merupakan wakil dari penduduk Desa
Berdasarkan keterwakilannya wilayah yang pengisiannya dilakukan secara demokratis. Fungsi Pengawasan Badan Permusyawaratan Desa dalam pembangunan Desa pada hakekatnya merupakan upaya pencegahan untuk menghindari terjadinya dampak buruk dari penyalahgunaan kekuasaan atau wewenang pemerintah Desa dalam melaksanakan penyelenggaraan pembangunan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini menjadi sangat penting sebab dalam konteks negara hukum tidak ada satu pun kekuasaan yang tanpa batas supaya kekuasaan tidak disalahgunakan dan sekaligus merupakan wujud partisipasi masyarakat melalui Badan Permusyawaratan Desa sebagai wakil rakyat dalam pelaksanaan pembangunan Desa yang demokratisasi di Desa.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Sejauhmanakah fungsi pengawasan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Pembangunan Desa di Desa Golo Munde, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur? (2) Apakah Faktor- Faktor yang menghambat pelaksanan fungsi pengawasan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Pembangunan Desa di Desa Golo Munde, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur?
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui dan menganalisis Fungsi Pengawasan Badan Permusyawaratan Desa dalam Pembangunan Desa di Desa Golo Munde, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. (2) Untuk mengetahui Faktor penghambat fungsi Pengawasan Badan Permusyawaratan Desa dalam Pembangunan Desa di Desa Golo Munde, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris yaitu dengan memperoleh data primer dan data sekunder.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Fungsi Pengawasan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Desa Golo Munde Kecamatan Elar Kabupaten Manggarai Timur Provinsi Nusa Tengara Timur belum efektif mengingat SDM Badan Permusyawaratan Desa relatife tidak memadai dengan lulusan SMA. (2) Faktor Penghambat Fungsi Pengawasan Badan Permusyawaratan Desa ( BPD) dalam Pembangunan desa di Desa Golo Munde Kecamatan Elar Kabupaten Manggarai Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sumber daya Manusia, Honorarium BPD, Relasi Kekeluargaan, Ketidakmampuan anggota BPD dalam Memahami Fungsinya, Provokasi piak ketiga, masyarakat.

Kata Kunci: Fungsi Pengawasan Badan Permusyawaratan Desa.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SIPRIANUS DOR - Personal Name
Student ID
1902010062
Dosen Pembimbing
HERNIMUS RATU UDJU - - Dosen Pembimbing 1
Cyrilius W.T Lamataro - 199102122020121012 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rafael R Tupen - 196404201992031001 - Ketua Penguji
Hernimus Ratu Udju - 1961042398901001 - Penguji 1
Cyrilius W.T Lamataro - 199102122020121012 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 DOR F
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA