Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Dan Toleransi Melalui Pembelajaran Ppkn Di Kelas XI SMA Negeri 1 Amanuban Timur

Detail Cantuman

Skripsi

Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Dan Toleransi Melalui Pembelajaran Ppkn Di Kelas XI SMA Negeri 1 Amanuban Timur

XML

Masalah dalam penelitian ini adalah(1) penerapan aktualisasi nilai-nilai karakter religius dan toleransi melalui pembelajaran PPKn di kelas XI SMA N 1 Amanuban Timur?(2)Apa saja faktor yang mendukung nilai-nilai karakter religious dan toleransi dalam pembelajaran PPKn di kelas XI SMA N 1 Amanuban Timur? Tujuan penelitian inia dalah (1) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai religious karakter dan toleransi melalui pembelajaran PPKn di kelas XI SMA N 1 Amanuban Timur.(2) Untuk mengetahui penerapan nilai-nilai karakter religius dan toleransi dalam pembelajaran PPKn di kelas XI SMA N 1 Amanuban Timur.Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yakni dengan tahapan sebagai berikut pengamatan terhadap proses penerapan nilai religius dan toleransi di kelas dan menganalisis secara rinci hasil-hasil temuan lapangan menggunakan pertanyaan-pertanyaan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang menjadi respon dalam penelitian ini adalah guru PPKn, siswa kelas XI. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal sebagai berikut. (1). Strategi guru PPKn dalam menerapkan nilai religius dan toleransi melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada siswa-siswi: Guru PPKn membiasakan siswa-siswi memberi salam kepada guru sebelum masuk kelas, membiasakan siswa-siswi untuk memberikan salam kepada bapak/ibu guru yang hendak masuk ke dalam kelas untuk memberikan materi pembelajaran, mengingatkan untuk menghargai guru ketika sudah berada di depan kelas, memberikan bimbingan berupa cara bertutur kata tidak boleh menggunakan nada tinggi atau kasar dan tidak boleh berkata kotor, memberikan motivasi untuk menghargai atau menghormati sesama siswa, membiasakan untuk saling membantu atau menolong siswa yang kesusahan.(2). Faktor yang menghambat guru dalam menerapkan nilai karakter religius dan toleransi sebenarnya tidak ada, tetapi siswa- siswi berasal dari latar belakang keluarga yang meganut agama yang berbeda misalnya ada siswa yang ketika diberikan bimbingan patuh dan melaksanakan tetapi
ada juga yang nakal sehingga perlu diingatkan atau dibimbing terus menerus dan mengawasinya. Untuk itu guru harus terus bersabar untuk memberikan bimbingan dan terus mengawasi atau mengontrol, agar dapat mencapai arah atau tujuan yang maksimal.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Atri Yurista Fallo - Personal Name
Student ID
1801070012
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 19591211986011002 - Dosen Pembimbing 1
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fredik L. Kollo - 19920208 202203 1 009 - Ketua Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 1
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Llo A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA