Pengalaman Penggunaan Aplikasi Google Meet Dalam Perkuliahan (Studi Fenomenologi Pada Mahasiswa Angkatan 2019 Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undana)

Detail Cantuman

Skripsi

Pengalaman Penggunaan Aplikasi Google Meet Dalam Perkuliahan (Studi Fenomenologi Pada Mahasiswa Angkatan 2019 Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undana)

XML

Pembelajaran secara online atau daring tersebut merupakan suatu kebiasaan baru yang harus dilakukan oleh mahasiswa. Walaupun hal tersebut merupakan kebiasaan baru dalam proses perkuliahan namun nampaknya mahasiswa tidak mengalami kesulitan yang cukup berarti. Hal ini dikarenakan mahasiswa sudah sangat akrab dengan perkembangan teknologi dan informasi di jaman yang serba moderen. Salah satu aplikasi yang menyediakan fasilitas interaksi tatap muka antara dosen dan juga mahasiswa secara virtual melalui video conference yang dapat diakses dengan menggunakan PC atau laptop dan juga smartphone ialah Google Meet. Salah satu universitas yang menerapkan perkuliahan secara online ialah Universitas Nusa Cendana Kupang, khususnya pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik program studi Ilmu Komunikasi. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengalaman dan pemaknaan penggunaan aplikasi Google meet oleh mahasiswa dalam perkuliahan. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretative dengan jenis penelitian kualitatif dan metode fenomenologi serta mengacu pada teori fenomenologi (Edmund Hussel). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Dalam menggunakan aplikasi tersebut pada saat mengikuti perkuliahan mahasiswa cenderung mengunakan handphone/hp maupun laptop namun disesuaikan dengan situasi dan kondisi dari mahasiswa tersebut. Walaupun terkadang media handphone maupun laptop, mahasiswa masih tetap dapat menggunakan fitur-fitur yang ada pada aplikasi tersebut seperti, kamera, mic, sharescreen, kolom chat, dan juga raise hand sehingga mahasiswa dapat mengikuti kuliah dengan baik. 2) Mahasiswa cenderung mengalami beberapa kendala mulai dari adanya gangguan jaringan dan juga adanya rasa bosan yang disebabkan karena perkuliahan tidak dilakukan secara tatap muka. Selain dari pada itu, terkadang adanya perubahan jadwal kuliah yang membuat aktifitas sehari-hari mahasiswa akhirnya bertabrakan dengan kegiatan perkuliahan. Walaupun terdapat banyak kendala dalam mengikuti perkuliahan tersebut, namun mahasiswa dapat mengatasi kendala-kendala tersebut sehingga mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan dengan baik dan nyaman.

Kata Kunci : Pengalaman, Google Meet, Perkuliahan Online.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ibnu Kemal - Personal Name
Student ID
1703050075
Dosen Pembimbing
SILVANIA STELLA EPIPHANIA MANDARU - 198401062014042001 - Dosen Pembimbing 1
Emanuel S. Leuape - 198812262020121008 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Silvania Stella Epiphania Mandaru - 198401062014042001 - Ketua Penguji
Emanuel S. Leuape - 198812262020121008 - Penguji 1
Mas'amah - 197906172008012020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Kem P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA