ANALISIS MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN METODE FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST DENGAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMAN 1 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

ANALISIS MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN METODE FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST DENGAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMAN 1 KOTA KUPANG

XML

Fisika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang mencakup atas fakta, prinsip, hukum, postulat, teori, dan metodologi keilmuan. Kemampuan pemahaman konsep merupakan syarat untuk mencapai keberhasilan dalam pembelajaran fisika. Dalam proses pembelajaran fisika tidak terlepas dari kemampuan peserta didik yang dapat memahami konsepnya dengan ataupun tidak dapat memahami konsepnya dengan baik, atau bisa saja siswa mengalami moskonsepsi. Menurut Suparno (2013) miskonsepsi merupakan pemahaman materi/konsep yang tidak sesuai dengan pengertian ilmiah atau pengertian yang diterima para pakar dalam bidang tersebut. Miskonsepsi dapat diidentifiasi menggunakan beberapa cara, salah satunya adalah tes diagnostik dan Certainty of Response Index (CRI). Tes diagnostik dapat mempermudah seorang guru dalam mengklasifikasikan peserta didik yang mengalami miskonsepsi dan peserta didik yang tidak tahu konsep (Putri & Subekti, 2021). Guru tidak hanya dapat mengukur miskonsepsi siswa tetapi juga dapat mengukur tingkat keyakinan siswa menggunakan tes Certainty of Response Index (CRI). Menurut Suparno (2013) pembelajaran fisika pada materi suhu dan kalor di tingkat SMA masih meninggalkan berbagai miskonsepsi yang dialami oleh siswa.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya yaitu deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini tes digunakan untuk mengetahui apakah terdapat miskonsepsi pada peserta didik dan sampai dimanakah tingkat miskonsepsi tersebut. Tes yang digunakan adalah tes objektif berbentuk pilihan jamak berdesain 4 tingkat (Four-tier) yang disertai dengan CRI (Certainty of Response Index) yang berjumlah 15 soal.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 35% siswa yang paham konsep dengan kategori sedang, sebanyak 23% siswa tidak pahan konsep dengan kategori rendah, 35% siswa mengalami miskonsepsi dengan kategori rendah dan 7% error dengan kategori rendah.
Berdasarkan data hasil penelitian yang telah dilakukan di SMAN 1 Kota Kupang dengan menggunakan metode Four-tier Diagnostic Test dengan CRI yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa siswa SMAN 1 Kota Kupang tahun ajaran 2022/2023 mengalami miskonsepsi pada materi suhu dan kalor sebesar 35% pada kategori sedang.

Kata Kunci: Miskonsepsi, ¬Four-tier Diagnostic Test, Certainty of Response Index, Fisika 


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maria Gelu Gelole - Personal Name
Student ID
1901050031
Dosen Pembimbing
FAKHRUDDIN - 196812261994031002 - Dosen Pembimbing 1
Nikodemus U. J. Hauwali - 199206192020121006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Vinsensius Lantik - 197901292008121001 - Ketua Penguji
Fakhruddin - 196812261994031002 - Penguji 1
Nikodemus U. J. Hauwali - 199206192020121006 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 Gel A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA