Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Oleh Guru Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VII SMP Negeri 1 Kapan

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Oleh Guru Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VII SMP Negeri 1 Kapan

XML

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model PjBL dalam pembelajaran PPKn Kelas VII SMP Negeri 1 Kapan PPKn? 1) Bagaimana hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning?. Adapun tujuan penelitian adalah 1) Untuk mendeskripsikan penerapan model PjBL dalam pembelajaran PPKn Kelas VII SMP Negeri 1 Kapan 2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning.
Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu meneliti suatu objek dengan menghimpun, menggambarkan dan menganalisis data dan fakta serta menarik kesimpulan sesuai dengan tujuan penelitian. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder yang diperoleh peneliti setelah melakukan penelitian di lapangan. Data ini kemudian disajikan dalam bentuk kalimat yang jelas sehingga dapat mudah dipahami.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran Project Based Learning dilakukan melalui dua tahap yaitu perencanaan dan pelaksanaan. Pada tahap perencanaan guru harus Menyusun RPP yang berisi beberapa komponen. Salah satunya yaitu model pembelajaran yang diterapkan. Kemudian pada tahap pelaksanaan terdapat tiga langkah yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan inti pada model pembelajaran PjBL dimulai dari Siswa mengikuti arahan guru PPKn tentang proyek yang akan dikerjakan sesuai dengan Langkah-langkah penyelesaiannya, siswa merancang. Sedangkan, hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pembelajaran berbasis proyek memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja mandiri mengembangkan pembelajaran sendiri. Siswa tidak lagi di dikte oleh guru tentang bagaimana harus mengerjakan atau mengetahui materi tersebut. Namun, mereka sendiri yang berusaha membangun.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1901070055
Dosen Pembimbing
MARSI DEVID SETYAWAN BANI - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 1
Daud Y. Nassa - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Penguji 1
Daud Y. Nassa - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Eko P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA