Manajemen perpustakaan

Detail Cantuman

Skripsi

Manajemen perpustakaan

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan meringkas teks eksplanasi dalam pembelajaran tema 6 subtema 1, dengan Model Number Heads Together. Di kelas V SDI Oesapa Kecil 1 Kota Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang merupakan suatu tindakan yang dilakukan di dalam kelas dengan berbagai aturan dan langkah-langkah yang harus diikuti dengan tahap sebagai berikut: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Tes serta Refleksi. Penelitian ini berlokasi di SDI Oesapa Kecil 1 Kota Kupang kelas V. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V yang berjumlah 27 orang. Pengumpulan data ini dilakukan dengan teknik observasi dan tes.
Hasil observasi guru dalam proses pembelajaran yaitu pada siklus I yaitu dengan rata-rata 3,29 kemudian pada siklus II hasil observasi guru meningkat dengan rata-rata 4.00 dengan kagetegori (baik). Siklus I siswa pada kategori (Baik) dengan rentangan nilai <74 sebanyak 10 orang (37,0%). Kategori cukup sebanyak 12 orang (44,0%). Kategori (kurang) sebanyak 5 orang (18,5%). Dari 27 orang siswa yang dikatakan mampu dalam meringkas teks eksplanasi yaitu sebanyak 22 orang (81,5%) siswa yang tuntas adalah siswa yang tertip, selalu aktif memperhatikan setiap penjelasan guru dan selalu berpartisipasi aktif dalam diskusi kelompok sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran number heads together sedangakan siswa yang dikatakan belum mampu yaitu sebanyak 5 orang atau 18,5% hal ini disebabkan siswa kurang memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru, dan tidak aktif dalam kerja kelompok yang mengakibatkan siswa malu bertanya dan mengerjakan pekerjaannya sendiri tanpa memahami secara baik. Kemudian pada siklus II pada kategori (sangat baik) meningkat sebanyak 7 orang (25,9%), kategori (Baik) meningkat menjadi 22 orang (81,5%), kategori (cukup) berkurang menjadi 3 orang (11,1%). Dengan presntase ketuntasan 100,0% hal ini di sebabkan siswa telah memahami langkah-langkah dari seringkas teks eksplanasi dan cara berdiskusi dengan benar dengan penerapan model pembelajaran number heads together sehingga mempermudan siswa dengan cara saling membantu satu dengan yangan lain
Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbe Heads Together dalam pembelajaran tema 6 sub tema 1 dapat meningkatkan kemampuan meringkas teks eksplanasi siswa kelas V SDI Oesapa Kecil 1 Kota Kupang.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Priskila E.M Falaka - Personal Name
Student ID
1901140149
Dosen Pembimbing
karus - - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro, M.Pd_NIP. 19901118 201903 1 007 - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Labu Djuli, M.Hum - 196207031990031002 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
PGSD
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.Fal.P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA