Jurnal
Manajemen perpustakaan
XMLAbstrak:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan meringkas siswa kelas V SDI Oesapa Kecil 1, Kota Kupang, khususnya pada materi teks eksplanasi pada tema 6, subtema 1. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang melibatkan pendekatan terstruktur yang meliputi Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Pengujian, dan Refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan 27 siswa kelas V di SDI Oesapa Kecil 1, Kota Kupang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Temuan dari observasi guru selama siklus pertama menunjukkan skor rata-rata 3,29, meningkat menjadi rata-rata 4,00 pada siklus kedua, yang menunjukkan kategori baik. Pada siklus awal, kinerja siswa terdistribusi sebagai berikut: (kurang) 18,5%, (cukup) 44,4%, dan (baik) 37,0%. Namun, pada siklus kedua, distribusi bergeser menjadi (kurang) 0,0%, (cukup) 11,1%, (baik) 63,0%, dan (sangat baik) 25,9%. Kesimpulannya, penerapan model Number Heads Together selama proses pembelajaran tema 6, subtema 1, secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa kelas V dalam meringkas teks eksplanasi di SDI Oesapa Kecil 1, Kota Kupang.
Detail Information
Item Type |
Jurnal
|
---|---|
Penulis |
Priskila E.M Falaka - Personal Name
|
Student ID |
1901140149
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
labu - - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi |
Published
|
Departement |
PGSD
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.Fal.P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |