Stereotip Masyarakat Lokal Penfui Timur Terhadap Usaha Masyarakat Pendatang “ Bugis” (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Penfui Timur )

Detail Cantuman

Skripsi

Stereotip Masyarakat Lokal Penfui Timur Terhadap Usaha Masyarakat Pendatang “ Bugis” (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Penfui Timur )

XML

Penelitian ini membahas tentang bagaimana stereotip masyarakat lokal penfui timur terhadap usaha masyarakat pendatang bugis. Tujuan dari penelitian ini yang pertama adalah untuk mengetahui bentuk stereotip dari masyarakat lokal penfui timur terhadap usaha masyarakat pendatang bugis, tujuan kedua adalah untuk mengetahui bentuk interaksi sosial serta pola komunikasi antara masyarakat lokal penfui timur terhadap masyarakat pendatang bugis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan memperoleh data dengan melakukan wawancara dan observasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori adaptasi budaya. informandalam penelitian ini berjumlah 8 orang. dalam proses penentuan informan penelitian menggunakan tekni purposive sampling atau sampling bertujuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa stereotip yang terjadi antara masyarakat lokal terhadap masyarakat pendatang ialah bentuk stereotip yang positif dan negatif seperti bentuk stereotip negatif bahwa masyarakat pendatang memakai penglaris untuk menarik minat pelanggan, jorok,jarang bergaul,pelit,sombong pemali. Namun ada juga stereotip positif yaitu masyarakat pendatang itu pekerja keras,membawa kemudahan, sopan, suka berbagi, ramah. Bentuk interaksi sosial yang terbentuk dalam masyarakat lokal terhadap masyarakat pendatang ialah bentuk interaksi asosiatif dan interaksi disosiatif yang dimana dalam masyarakat terdapat berbedaan dalam suku, budaya, agama dan usaha yang mempengaruhi hidup bersama. Dan dalam penelitian ini juga terdapat pola komunikasi yaitu pola komunukasi primer dan pola komunikasi sirkular. setiap masyarakat mengharapkan adanya pandangan baik, serta interaksi dan komunikasi baik agar mampu menerima perbedaan yang berbeda agar terciptanya masyarakat yang harmonis tanpa adanya prasangka atau pandangan yang tidak baik.
Kata Kunci : Stereotip, Interaksi Sosial, Pola Komunikasi, Penfui Timur


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Nesi Ade Kresna Lassa - Personal Name
Student ID
1903050096
Dosen Pembimbing
Aloysius Liliweri - 195706191981031001 - Dosen Pembimbing 1
christian J. Balalembang - 9900001159 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Aloysius Liliweri - 195706191981031001 - Ketua Penguji
christian J. Balalembang - 9900001159 - Penguji 1
Mas'amah - 197906172008012020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Las S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA