Skripsi
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Rumah Produksi Ina Ndao Kota Kupang)
XMLPenelitian ini bertujuan (1) Mengetahui persepsi pelanggan tentang prdouk, harga, promosi dan tempat pada loyalitas pelanggan pada Rumah Produksi Ina Ndao Kota Kupang. (2) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh produk terhadap loyalitas pelanggan pada Rumah Produksi Ina Ndao Kota Kupang. (3) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan pada Rumah Produksi Ina Ndao Kota Kupang. (4) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh promosi terhadap loyalitas pelanggan pada Rumah Produksi Ina Ndao Kota Kupang. (5) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh tempat terhadap loyalitas pelanggan pada Rumah Produksi Ina Ndao Kota Kupang. (6) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh produk, harga, promosi dan tempat secara simultan terhadap loyalitas pelanggan pada Rumah Produksi Ina Ndao Kota Kupang.
Untuk mencapai tujuan tersebut di pilih sampel sebanyak 100 responden pada Rumah Produksi Ina Ndao Kota Kupang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner, wawancara, kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda menggunakan SPSS 25.
Hasil analisis deskriptif menunjukan Produk berada pada kategori sangat tinggi (4,42), Harga berada pada kategori sangat tinggi (4,42), Promosi berada pada kategori sangat tinggi (4,31), Tempat/Lokasi berada pada kategori tinggi (3,62), dan Loyalitas Pelanggan berada pada kategori sangat tinggi (4.58). Hasil analisis regresi menunjukan bahwa hasil dari uji t variabel Produk (X1) hasilnya thitung (8.433) > ttabel (2,000). Berdasarkan hasil uji t, maka hipotesis pertama berbunyi Produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Hasil uji t variabel Harga (X2) hasilnya thitung (4.975) > ttabel (2,000). Berdasarkan hasil uji t, maka hipotesis kedua berbunyi Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil uji t variabel Promosi (X3) hasilnya thitung (25.720) > ttabel (2,000). Berdasarkan hasil uji t, maka hipotesis ketiga berbunyi Promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil uji t variabel Tempat/Lokasi (X4) hasilnya thitung (1.130) < ttabel (2,000). Berdasarkan hasil uji t, maka hipotesis keempat berbunyi Tempat/Lokasi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas pelanggan.
Hasil dari uji F yang menunjukkan nilai Fhitung (663.521) > Ftabel sebesar (3,168). Dengan demikian keempat hipotesis pada penelitian ini berbunyi variabel Produk, Harga, Promosi dan Tempat/Lokasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan adjust R squer menunjukan kontribusi variabel Produk, Harga, Promosi dan Tempat/Lokasi 96,4 % dan sisanya 3,6 % dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Disarankan bagi Rumah Produksi Ina Ndao untuk meningkatkan dan mepertahankan loyalitas pelanggan melalui produk tenun yang dihasilkan.
Kata kunci : Produk, Harga, Promosi dan Tempat/Lokasi, Loyalitas Pelanggan
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
VICTOR RIVALDI HARUN - Personal Name
|
Student ID |
1803020218
|
Dosen Pembimbing |
Khalid K. Moenardy - 196208171988031002 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Khalid Kasim Moenardy - 196208171988031002 - Ketua Penguji
Anthonius B Mesakh - 196208061988031002 - Penguji 1 Abas Kasim - 196004141988031008 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63211
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Administrasi Bisnis
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.11 HAR P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |