DEMOKRASI LOKAL DALAM PENYELESAIAN KONFLIK ( STUDI KASUS PERAN HAKIM PERDAMAIAN DESA DI DESA KENEBIBI,KECAMATAN KAKULUK MESAK, KABUPATEN BELU)

Detail Cantuman

Skripsi

DEMOKRASI LOKAL DALAM PENYELESAIAN KONFLIK ( STUDI KASUS PERAN HAKIM PERDAMAIAN DESA DI DESA KENEBIBI,KECAMATAN KAKULUK MESAK, KABUPATEN BELU)

XML

Desa kenebibi merupakan sebuah Desa yang telah menerapkan HakimPerdamaian Desa untuk menyelesaikan konflik yang terjadi dalam masyarakat karena hakim perdamaian desa bukan saja kepala desa,melainkan melibatkan unsur adat dan perangkat desa seperti tokoh adat, RT/RW, babinsa, babinkamtibmas dan kepala dusun dengan menyelesaikan permasalahan dengan cara kekeluargaan dan Tokoh adatlah yang berperan penting dalam pengambilan kebijakan dengan cara memberikan sanksi-sanksiterhadap pihak yang berkonflik agar menjadi suatu titik jerah bagi masyarakat desa kenebibi untuk mencapai kesejahteraan bersama. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana Peran Hakim Perdamaian Desa Dalam Penyelesaian Konflik di Desa Kenebibi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini berfokus pada Demokrasi Lokal dalam penyelesaian konflik, antara lain yaitu Peran Hakim Perdamaian Desa dalam penyelesaian konflik yang terjadi di desa Kenebibi dan faktor pendukung penyelesaian konflik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Peran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Dari sinilah dianalisa bahwa Peran Hakim Perdamaian Desa Dengan menggunakan 5 Aspek yaitu 1. Keterlibatan dalam pengambilan keputusan, 2. Bentuk Kontribusi, 3. Organisasi kerja : Bersama setara, 4. Penetapan tujuan, 5. Peran masyarakat sebagai subyek dan faktor pendukung penyelesaian konflik di Desa kenebibi, Kecamatan Kakuluk Mesak, kabupaten Belu.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1803040106
Dosen Pembimbing
Rouwland A. Benyamin - 198108012023211006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Alfridus S. D. Dari - 198403112014041001 - Ketua Penguji
Rouwland A. Benyamin - 198108012023211006 - Penguji 1
Ananias Rion Jacob - 199208142018031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 Gut M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA