Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1 Di Kelas V SD Inpres Nismakapa Kabupaten Timor Tengah Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1 Di Kelas V SD Inpres Nismakapa Kabupaten Timor Tengah Selatan

XML

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan preeksperimental design tipe one group pretest-posttest. Rumusan masalah dalam
penelitian ini yaitu apakah model problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Nismakapa pada tema 2 subtema 2 pembelajaran 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Nismakapa pada tema 2 subtema 2 pembelajaran 1. Variabel penelitian ini yaitu model problem based learning dan hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres Nismakapa. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu seluruh siswa kelas V SD Inpres Nismakapa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen tes, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis data penelitian ini menggunakan uji T-Test.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model problem based learning efektif terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Nismakapa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil Output Paired Samples Statistik bahwa perbandingan nilai post-test lebih tinggi yaitu 72,50 dibanding nilai pre-test yaitu 50,14. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara ratarata nilai (pre-test) dengan rata- rata nilai (post-test). Berdasarkan hasil uji-T diperoleh nilai T-hitung sebesar 12,853 > T-tabel yaitu 2,052 dengan taraf signifikansi 2 tailed 0,000 < α 0,05 yang berarti bahwa Ha diterima dan Ho di tolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Nismakapa.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yusti Arvito Nenotek - Personal Name
Student ID
1701140199
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Tek P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA