Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MERINGKAS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VC SD INPRES OESAPA KECIL 1 KOTA KUPANG
XMLPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan meringkas teks eksplanasi dalam pembelajaran tema 6 subtema 1, dengan Model Number Heads Together. Di kelas V SDI Oesapa Kecil 1 Kota Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang merupakan suatu tindakan yang dilakukan di dalam kelas dengan berbagai aturan dan langkah-langkah yang harus diikuti dengan tahap sebagai berikut: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Tes serta Refleksi. Penelitian ini berlokasi di SDI Oesapa Kecil 1 Kota Kupang kelas V. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V yang berjumlah 27 orang. Pengumpulan data ini dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Hasil observasi guru dalam proses pembelajaran yaitu pada siklus I yaitu dengan rata-rata 3,29 kemudian pada siklus II hasil observasi guru meningkat dengan rata-rata 4.00 dengan kagetegori (baik). Siklus I siswa pada kategori (Baik) dengan rentangan nilai <74 sebanyak 10 orang (37,0%). Kategori cukup sebanyak 12 orang (44,0%). Kategori (kurang) sebanyak 5 orang (18,5%). Dari 27 orang siswa yang dikatakan mampu dalam meringkas teks eksplanasi yaitu sebanyak 22 orang (81,5%) siswa yang tuntas adalah siswa yang tertip, selalu aktif memperhatikan setiap penjelasan guru dan selalu berpartisipasi aktif dalam diskusi kelompok sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran number heads together sedangakan siswa yang dikatakan belum mampu yaitu sebanyak 5 orang atau 18,5% hal ini disebabkan siswa kurang memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru, dan tidak aktif dalam kerja kelompok yang mengakibatkan siswa malu bertanya dan mengerjakan pekerjaannya sendiri tanpa memahami secara baik. Kemudian pada siklus II pada kategori (sangat baik) meningkat sebanyak 7 orang (25,9%), kategori (Baik) meningkat menjadi 22 orang (81,5%), kategori (cukup) berkurang menjadi 3 orang (11,1%). Dengan presntase ketuntasan 100,0% hal ini di sebabkan siswa telah memahami langkah-langkah dari seringkas teks eksplanasi dan cara berdiskusi dengan benar dengan penerapan model pembelajaran number heads together sehingga mempermudan siswa dengan cara saling membantu satu dengan yangan lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbe Heads Together dalam pembelajaran tema 6 sub tema 1 dapat meningkatkan kemampuan meringkas teks eksplanasi siswa kelas V SDI Oesapa Kecil 1 Kota Kupang.
Kata kunci: number heads together, kemampuan meringkas, teks eksplanasi
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Priskila E.M Falaka - Personal Name
|
Student ID |
1901140149
|
Dosen Pembimbing |
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Labu Djuli - 196207031990031002 - Ketua Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Penguji 1 Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
86206 FAL P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |