Pengaturan Fungsi Badan Pengawas Pemilihan Umum Dalam Menjaga Netralitas Aparatur Sipil Negara Dalam Pemilihan Kepala Daerah Di Kabupaten Manggarai

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaturan Fungsi Badan Pengawas Pemilihan Umum Dalam Menjaga Netralitas Aparatur Sipil Negara Dalam Pemilihan Kepala Daerah Di Kabupaten Manggarai

XML

Netralitas ASN saat ini menjadi isu yang banyak mejadi sorotan. Sebagai penyelenggara pemerintahan pembangunan dan pelayanan publik dalam melaksanakan tugasnya pegawai ASN harus bersikat netral, dalam arti tidak berpihak, adil, obyektif, dan tidak dipengaruhi oleh kelompok manapun. Namun pada penyelenggaraan Pilkada Serentak tahun 2015, 2017 dan 2018 serta Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden pada tahun 2019, terbukti bahwa banyak pegawai ASN yang bersikap tidak netral. Ketidak netralan pegawai ASN perlu mendapat perhatian. Permasalan pokok dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimanakah fungsi Bawaslu dalam menjaga netralitas Aparat Sipil Negara (ASN)? (2) Bagaimanakah bentuk fungsi pengawasan yang dilakukan Bawaslu dalam menjaga netralitas Aparat Sipil Negara (ASN) dalam Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Manggarai?
Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris dan yuridis normatif, yaitu penelitian yang secara langsung ke pihak terkait untuk mendapatkan data primer secara langsung dari responden, oleh karena itu penelitian ini juga bisa dikatakan sebagai penelitian sosiologis yaitu suatu penelitian yang cermat yang dilakukan dengan cara terjun langsung ke lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi kepustakaan/dokumen. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Manggarai. hasil pengolahan data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode yuridis sosiologis, yaitu mengidentifikasi dan mengkonsepsikan hukum sebagai institusi sosial yang riil dan fungsional.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bawaslu memiliki peran yang krusial dalam menjaga netralitas ASN selama pemilihan kepala daerah. Mereka melakukan pengawasan ketat terhadap perilaku ASN dan mengambil tindakan tegas terhadap pelanggaran netralitas. Selain itu, Bawaslu juga bekerja sama dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan pelaksanaan pemilihan yang adil dan bebas dari intervensi politik.

Kata Kunci: Fungsi Bawaslu, netralitas ASN, dan bentuk fungsi pengawasan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
FILEMON TIMBA - Personal Name
Student ID
1902010254
Dosen Pembimbing
SARYONO YOHANES - 196207121989021000 - Dosen Pembimbing 1
HERNIMUS RATU UDJU - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Saryono Yohanes, S.H., M.Hum - 19662207121989121010 - Ketua Penguji
Herminus Ratu Udju - 19610428198901001 - Penguji 1
Kotan Y Stefanus - 196012271987021001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 TIM P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA