Skripsi
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI LUAS DAN VOLUME DALAM SATUAN TIDAK BAKU DI KELAS III SD NEGERI NEFOSAKA KOTA KUPANG
XMLTujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Nefosaka pada materi luas dan volume dalam satuan tidak baku melalui penggunaan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksaan, observasi dan refleksi. Dengan mengambil lokasi di SD Negeri Nefosaka Kota Kupang. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 14 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data hasil penelitian siklus I dengan rata-rata yang diperoleh 62,15 dengan kategori Kurang sedangkan persentase yang diperoleh 57,14% dari 8 peserta didik yang mencapai KKM. Kemudian pada siklus II dengan rata-rata 82,50 dengan kategori Baik, dan persentase yang diperoleh 100%, yaitu 14 peserta didik atau seluruhnya mencapai KKM dengan peningkatan persentase 42,86%. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan modelProblem Based Learning pada materi Luas dan Volume dalam satuan tidakbaku dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas III SD Negeri Nefosaka Kota Kupang.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MEYLAN CHRISTIANA BANI - Personal Name
|
Student ID |
1901140108
|
Dosen Pembimbing |
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Wara Sabon Dominikus - 196708041993031003 - Ketua Penguji
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Penguji 1 Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
86206 BAN P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |