Penggunaan Model Pembelajaran Time Token Pada Tema 6 Panas Dan Perpindahanya Subtema 1 Suhu Dan Kalor Pembelajaran 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas VSDN Oerantium

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Time Token Pada Tema 6 Panas Dan Perpindahanya Subtema 1 Suhu Dan Kalor Pembelajaran 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas VSDN Oerantium

XML

Penelitian ini di adakan di SD Negeri Oerantium dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I dari 21 siswa sebanyak 11 siswa (53,38%) dinyatakan tuntas memenuhi KKM yaitu 80 karena siswa memperhatikan penjelasan guru dengan baik, bekerja sama dengan teman kelompok, memberanikan diri mengungkapkan pendapatnya, dan tidak mengganggu teman sekitarnya. 10 siswa lainya (47,61%) dikarenakan tidak memperhatikan penjelasan guru, mengganggu teman saat belajar, dan tidak mau bekerja sama teman sekelompoknya. Ada beberapa hal yang menjadi kekurangan guru pada siklus 1 yakni guru belum mampu memberikan penjlasan yang lebih sederhana tentang materi suhu dan kalor, dan guru juga belum nampak memberikan kesimpulan mengenai materi yang di pelajari. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa meningkat, yakni dari 21 siswa sebanyak 19 siswa (90,47%). Karena selalu memperhatikan penjelasan guru dan tidak mengganggu teman. Sedangkan 2 siswa lainya belum tuntas (9,5%) masih kurang memperhatikan penjelasan guru, mengganggu teman, dan tidak mau bekerja sama dengan teman sekelompok. Adapun kelebihan guru pada siklus II yakni guru sudah mampu menguasai kelas, mengelola, dan mengatur kegiatan pembelajaran dengan baik menggunakan model time token.
Berasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa dalam penggunaan model time token dalam pembelajaran tentang tema 6 panas dan perpindahanya subtema 1 suhu dan kalor pembelajaran 1 dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN Oerantium Kabupaten Kupang.

Kata Kunci : Model Pembelajaran time token, suhu dan kalor, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YOSEF KOPERTINO PALE - Personal Name
Student ID
170114025
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 PAL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA