UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE SOSIODRAMA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 AMABI OEFETO TIMUR

Detail Cantuman

Skripsi

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE SOSIODRAMA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 AMABI OEFETO TIMUR

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Sejarah khususnya materi Proklamasi Kemerdekaan dengan menggunakan metode Sosiodrama.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang Proklamasi kemerdekaan dengan menerapkan metode sosiodrama pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Amabi Oefeto Timur. Jenis penelitian yang di gunakan adalah Penelitian tindakan kelas hal ini di latar belakangi kurangnya penerapan metode pembelajaran yang bervariasi oleh pendidik atau guru sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang di peroleh pun kurang memuaskan dalam mata pelajaran sejarah. Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan metode sosiodrama dalam meningkatkan hasil belajar tentang Proklamasi kemerdekaan pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Amabi Oefeto Timur. Dengan adanya peranan metode pembelajaran ini dapat di ketahui bahwa penelitian tindakan kelas (PTK) yang di lakukan presentase nilai setiap siklus yang di peroleh. Peningkatan hasil belajar 31 peserta didik dapat di lihat sebagai berikut, pada pra siklus yang mencapai nilai KKM terdapat 12 peserta didik dengan presentase (38,70%), sedangkan peserta didik yang nilainya di bawah KKM berjumlah 19 orang (61,29%), kemudian terjadi peningkatan pada siklus I peserta didik yang mencapai nilai KKM terdapat 20 orang dengan presentase (64,51%) sedangkan peserta didik yang nilai nya di bawah KKM berjumlah 11 orang dengan presentase (35,48%) dan kemudian pada siklus II mengalami peningkatan 31 peserta didik yang mencapai nilai KKM dengan presentase (90,3%). Kemudian observasi aktivitas belajar siswa dan Guru juga mengalami peningkaatan ,pada siklus 1 siswa mengalami peningkatan menjadi 78,8% dan pada Guru 72,5%. Sedangkan pada siklus II observasi aktivitas dan pengematan Guru juga mengalami peningkatan menjadi 99,6% sedangkan hasil observasi pengamatan pada siklus II oleh Guru 95% . Dalam penambahan motivasi pada bagian awal pembelajaran sejarah dapat membuat semangat siswa dalam pembelajaran semakin meningkat dengan rasa ingin tahu yang tinggi di tambah dengan motivasi dan dorongan yang positif membuat siswa belajar sesuai dengan bakat dan minatnya dalam memainkan peran menggunakan metode sosiodrama, dengan penuh penghayatan akan peran yang di mainkan dan rasa tanggung jawab siswa dalam kerja sama yang baik, dengan bertumbuhnya karakter yang cinta tanah air dan berjiwa nasionalisme yang tinggi sehingga membuat hasil belajar mereka meningkat.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan siswa semakin aktif serta keterampilan mengajar guru meningkat menjadi baik.

Kata Kunci : Hasil belajar, Metode, Sosiodrama, Pembelajaran Sejarah.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ALISDA NEFRYANA BOIMAU - Personal Name
Student ID
1901090102
Dosen Pembimbing
ANDREAS ANDE - 19621010198903 1 004 - Dosen Pembimbing 1
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 19861029201903008 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Delsy A. Dethan - 198212192014042001 - Ketua Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 1
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 198610292019031008 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 Mau U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA