PENGEMBANGAN BUKU SAKU IPA TENTANG SISTEM RANGKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD GMIT CAMPLONG 2

Detail Cantuman

Skripsi

PENGEMBANGAN BUKU SAKU IPA TENTANG SISTEM RANGKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD GMIT CAMPLONG 2

XML

Skripsi oleh Maria Magdalena Barek, Nomor Induk Mahasiswa 1801140023, PGSD tahun 2023 dengan judul “Pengembangan Buku Saku IPA Tentang Sistem Rangka Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD GMIT Camplong 2”. Rumusan masalah penelitian ini adalah : Bagaimana kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media buku saku IPA tentang sistem rangka kelas IV SD GMIT Camplong 2?”. Bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media buku saku IPA tentang sistem rangka kelas IV SD GMIT Camplong 2. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research And Development) dengan mengacu pada model ADDIE yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation(evaluasi). Subjek penelitian media buku saku ini adalah ahli materi, ahli media, praktisi, dan siswa-siswi yang terbagi menjadi dua kelompok subjek uci coba yakni uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (instrument nontes) untuk mendapatkan data kevalidan dan kepraktisan produk, pretest-postest (instrument tes) untuk mendapatkan data keefektifan produk, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media buku saku IPA “Sangat Valid” dengan nilai validasi ahli materi 84% dan nilai ahli media 85,33% dengan rata-rata persentase akhir 84,67%. Hasil penilaian dari praktisi 95% dan siswa 91,32% dengan rata-rata persentase 93,16% maka dinyatakan media buku saku IPA “Sangat Praktis” digunakan. Serta dengan berdasarkan hasil nilai pretest-posttest terdapat peningkatan 88%. Hasil awal prestest adalah 12% dan hasil posttest 100% dengan rata-rata persentase nilai N-Gain adalah 86% dan dinyatakan “Efektif”. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media buku saku IPA valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Media, ADDIE, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maria Magdalena Barek - Personal Name
Student ID
1801140023
Dosen Pembimbing
HIWA WONDA - 196201231988031001 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Ketua Penguji
Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Penguji 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206 BAR P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA