Skripsi
Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Materi Fungi Untuk Meningkatkan Antusiasme Siswa Kelas X SMAN 2 Kupang
XMLPenelitian dengan judul Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Articulate Storyline 3 pada Materi Fungi untuk Meningkatkan Antusiasme Siswa Kelas X SMAN 2 Kupang, bertujuan untuk mengetahui wujud pengembangan bahan ajar berbasis articulate storyline 3 pada materi fungi, mengetahui hasil kelayakan pengembangan bahan ajar berbasis articulate storyline 3 pada materi fungi, dan mengetahui antusiasme siswa setelah menggunakan pengembangan bahan ajar berbasis articulate storyline 3 pada materi fungi untuk kelas X SMAN 2 Kupang.
Pengembangan bahan ajar berbasis articulate storyline 3 ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development), yang mengacu pada model Borg & Gall yang sudah disesuaikan. Prosedur pengembangan yang ditempuh untuk menghasilkan produk dibagi menjadi 8 tahap, yaitu: (1) identifikasi potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi akhir, (8) produk akhir. Kelayakan produk bahan ajar berbasis articulate storyline 3 pada materi fungi akan divalidasi oleh 3 orang ahli materi dan 3 orang ahli media, kemudian diuji cobakan pada siswa SMAN 2 Kupang dalam kelompok perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar.
Hasil pengembangan bahan ajar berbasis articulate storyline 3 pada materi fungi terdiri dari cover, menu utama, tujuan pembelajaran, materi, video, LKPD, soal evaluasi dan biodata pengembang. Hasil Penilaian ahli materi dan ahli media terhadap kelayakan bahan ajar ini memiliki kategori sangat baik dengan presentase keidealan keseluruhan masing-masing 84,22% untuk materi yang disajikan dan 90,91% untuk media yang disajikan. Hasil penilaian uji respon siswa terhadap bahan ajar ini yaitu pada uji perorangan sebesar 98,5%, uji kelompok kecil sebesar 95,45% dan uji kelompok besar sebesar 96,4%. Siswa juga sangat antusiasme menggunakan bahan ajar berbasis articulate storyline 3 karena bahan ajar ini disusun dan dikemas dengan menarik serta mudah untuk dimengerti. Berdasarkan hasil penilaian validasi ahli dan uji coba siswa pada bahan ajar berbasis articulate storyline 3 pada materi fungi ini layak digunakan karena dapat meningkatkan antusiasme siswa dalam mempelajari materi tersebut.
Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Articulate Storyline 3, Fungi, Antusiasme Siswa
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
YANDRI ALFRET DOOH - Personal Name
|
Student ID |
1901040025
|
Dosen Pembimbing |
ANDAM S ARDAN - 197205271999032001 - Dosen Pembimbing 1
Paulus Taek - 19600626 199512 1 001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Yusnaeni - 197502032000122001 - Ketua Penguji
PAULUS TAEK - - Penguji 1 Andam S Ardan - 197205271999032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Biologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.05 DOO P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |