Keterampilan Guru Ppkn Dalam Mengimplementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila DI SMAN 6 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Keterampilan Guru Ppkn Dalam Mengimplementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila DI SMAN 6 Kota Kupang

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsika keterampilan guru PPKn dalam mengimplementasi projek penguatan profil pelajar pancasiladi SMAN 6 Kota Kupang, untuk mendeskripsikan hambatan yang dihadapi guru PPKn dalam mengimplementasi projek penguatan profil pelajar pancasiladi SMAN 6 Kota Kupang, untuk mendeskripsikan solusi dari hambatan yang didapatkan guru PPKn dalam mengimplementasi projek penguatan profil pelajar pancasiladi SMAN 6 Kota Kupang.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yaitu memperoleh data-data secara tertulis dan lisan dari orang-orang atau pelaku utama yang diamati.Data yang dikumpulkan baik data primer maupun sekunder yang telah diperoleh dari lapangan dalam bentuk kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Informan dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah, kaur kurikulum dan guru PPKn SMA Negeri 6 Kota Kupang. Hasil penelitian ini menunjukan beberapa hal sebagai berikut: 1) Keterampilan yang dimiliki guru PPKn di SMA Negeri 6 Kota Kupang yaitu
keterampilan menjelaskan pembelajaran, keterampilan mengelola kelas dan keterampilan memberi penguatan dengan pencapaian rata-rata penskoran 3 dengan kriteria baik. Dalam mengimplementasi projek penguatan profil pelajar pancasila juga guru mampu memberikan arahan dan motivasi kepada peserta didik dalam mengamalkan aspek profil pelajar pancasila pada pembelajaran PPKn di sekolah SMA Negeri 6 Kota Kupang. 2) hambatannya dalam kelas berupa hambatan pada saat berdoa,hambatan membuka pembelajaran, hambatan menyimak pembelajaran, hambatan pada saat diskusi.dan hambatan menutup pelajaran. Hambatannya di luar kelas berupa siswa yang merokok dan siswa yang pacaran. 3) solusi dari hambatannya berupa dengan memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan tidak terlalu membuang-buang waktu untuk hal-hal yang tidak perlu, kemudian memberi teguran bagi siswa/siswi yang rebut dan kurang disiplin, menerapkan pembelajaran dengan semenarik mungkin seperti bermain sambil belajar, menggunakan metode dan model pembelajaran pembelajaran yang bervariasi dan tentunya menjelaskan pembelajaran dengan suara yang lantang agar perhatian siswa dapat terpusat pada guru.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ronaldy Peterson Mau Il - Personal Name
Student ID
1901070062
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 19591211986011002 - Dosen Pembimbing 1
Fredik L. Kollo - 199208112020121016 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Fredik L. Kollo - 19920208 202203 1 009 - Penguji 1
Thomas Kemil Masi, M.Pd - 199205302022031009 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Il K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA