Tata Kelola Badan Usaha Milik Desa Dan Hubungannya Dengan Pendapatan Asli Desa (Studi Bumdes Nyora Dona Di Desa Konga, Dan Bumdes Guru Gawak Di Desa Gerong, Kecamatan Titehena, Kabupaten Flores Timur).

Detail Cantuman

Skripsi

Tata Kelola Badan Usaha Milik Desa Dan Hubungannya Dengan Pendapatan Asli Desa (Studi Bumdes Nyora Dona Di Desa Konga, Dan Bumdes Guru Gawak Di Desa Gerong, Kecamatan Titehena, Kabupaten Flores Timur).

XML

Badan Usaha Milik Desa adalah adalah suatu lembaga/badan perekonomian desa yang berbadan hukum dibentuk dan dimiliki oleh Pemerintah Desa, dikelola secara ekonomis mandiri dan profesional dengan modal seluruhnya atau sebagian besar merupakan kekayaan desa yang dipisahkan. Pendapatan Asli Desa merupakan segala usaha yang dilakukan oleh pemerintah Desa untuk menunjang penyelenggaraan Pemerintah Desa dalam rangka pelaksanan otonomi Desa. Dan adapun rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Bagaimanakah tata kelola Badan Usaha Milik Desa dalam hubunganya dengan pendapatan asli desa di Desa Konga, dan Desa Gerong, Kecamatan Titehena, Kabupaten Flores Timur?. (2) Bagaimanakah dampak tata kelola Badan Usaha Milik Desa terhadap pendapatan asli desa di Desa Konga, dan Desa Gerong, Kecamatan Titehena, Kabupaten Flores Timur?.
Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif dan penelitian empiris. Penelitian normatif ialah penelitian yang dilakukan berdasarkan sudut pandang peraturan perundang-undangan, kaidah-kaidah, serta bahan-bahan pustaka lainya yang relevan terkait dengan topik penelitian. Penelitian empiris adalah melakukan penelitian di lapangan dengan observasi, dan wawancara untuk membandingkan peraturan yang berlaku dengan kenyataan yang terjadi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tata kelola Badan Usaha Milik Desa Nyora Dona di desa Konga belum berjalan dengan baik, tidak ada kerja sama antara kepengurusan BUMDes. Sedangkan BUMDes Guru Gawak di Desa Gerong sudah berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang di harapkan dan dengan adanya usaha simpan-pinjam dapat membantu meningkatkan pendapatan asli desa. Dampak yang terjadi untuk Desa Konga yaitu: penurunan kualitas hidup masyarakat, penurunan pendapatan desa, dan pembangunan infastruktur tidak berjalan. Sedangkan dampak untuk Desa Gerong yaitu: Peningkatan pendapatan asli desa, peningkaatan kesejahteran masayarakat, dan pembangunan infastruktur berjalan dengan baik.

Kata kunci: Tatakelola, Pendapatan Asli Desa, Dampak


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1902010293
Dosen Pembimbing
Saryono Yohanes - 19620712 198902 1 001 - Dosen Pembimbing 1
HERNIMUS RATU UDJU - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kotan Y Stefanus - 196012271987021001 - Ketua Penguji
Saryono Yohanes - 196207121989021000 - Penguji 1
Hernimus Ratu Udju - 1961042398901001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 KEL T
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA