PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MELALUI PENDEKATAN KONSTUKTIVISME PADA SISWA KELAS VIII A SMP ANGKASA KUPANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MELALUI PENDEKATAN KONSTUKTIVISME PADA SISWA KELAS VIII A SMP ANGKASA KUPANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

XML

Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berangkat dari permasalahan rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi. Rendahnya kemampuan menulis teks eksplanasi diakibatkan karena tidak tersedianya pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Ketiadaan pendekatan pembelajaran dalam proses pembelajaran membuat siswa kurang tertarik sehingga pembelajaran terasa sangat membosankan dan monoton. Berdasarkan permasalahan di atas, peneliti mencoba mengunakan sebuah pendekatan pembelajaran untuk merangsang kemampuan menulis siswa. Penelitian tindakan kelas ini memiliki karaktristik berupa tindakan-tindakan dalam upaya melakukan perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran di kelas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus pertama dan siklus kedua. Pada siklus I siswa yang berhasil mencapai nilai KKM pada ranah afektif berjumlah 10 orang (45,45%), ranah kognitif berjumlah 14 orang (63,63%) dan ranah psikomotor berjumlah 12 orang (54,54%). Hasil tindakan siklus I menunjukan bahwa siswa belum mencapai kriteria keberhasilan tindakan yakni 80%. Pada pelaksanaan siklus ke II pembelajaran menggunakan pendekatan konstruktivisme menunjukan hasil yang memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan. Pada siklus II siswa yang berhasil mencapai KKM pada ranah afektif berjumlah 19 orang (86,36%), ranah kognitif 19 orang (86.36%), dan ranah psikomotorik 19 orang (86,36%). Berdasarkan pelaksanaan tindakan pada siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII A SMP Angkasa Kupang.

Kata kunci : Menulis teks eksplanasi, pendekatan konstruktivisme, peneltitian tindakan kelas.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Joni Jermias Nalle - Personal Name
Student ID
1801010143
Dosen Pembimbing
Jeladu Kosmas - 19581231 198903 1 011 - Dosen Pembimbing 1
Labu Djuli - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
JELADU KOSAMAS - 195812311989031011 - Ketua Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 1
Alex Djawa - 196108051993031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 Nal P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA