Skripsi
MAKNA TUTURAN DALAM UPACARA TIFOLTOL PADA MASYARAKAT TAKPALA KECAMATAN ALOR TENGAH UTARA KABUPATEN ALOR
XMLSkripsi ini berjudul “Makna Tuturan dalam Upacara “Tifoltol” Masyarakat Takpala Kecamatan Alor Tengah Utara Kabupaten Alor”. Masalah yang di kaji dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk dan makna tuturan dalam Upacara Tifoltol . Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk dan makna tuturan Upacara Tifoltol. Dalam penelitian ini menggunakan teori semiotika Roland Barthes yang selalu menampilkan kehidupan dan kepercayaan akan hal-hal mistis di lingkungan masyarakat. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) makna denotasi dari tuturan Upacara Tifoltol adalah memohon perlindungan leluhur dan meminta leluhur membuka jalan dalam proses pembersihan lahan dan penanaman. (2) makna konotasi dari tuturan upacara Tifoltol adalah cerminan bahwa dalam kehidupan masyarakat Takpala adalah bagian penting dalam proses kehidupan mereka, dan (3) mitos dari tuturan upacara Tifoltol adalah masyarakat Takpala percaya bahwa, ada sumber kekuatan spiritual yang selalu menjaga dan melindungi mereka dari roh jahat dan marah bahaya. Makna tuturan upacara Tifoltol adalah makna permohonan, makna religius, makna kebersamaan.
Kata kunci : Makna tuturan Upacara Tifoltol
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Sygyt Lastri Boling - Personal Name
|
Student ID |
1801010195
|
Dosen Pembimbing |
ALEX DJAWA - 196108051993031001 - Dosen Pembimbing 1
I Nyoman Reteg - 196001081986011002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Alex Djawa - 196108051993031001 - Ketua Penguji
I Nyoman Reteg - 196001081986011002 - Penguji 1 Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
88201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
882.01 Bol M
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |