PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GMIT CAMPLONG 2 KABUPATEN KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GMIT CAMPLONG 2 KABUPATEN KUPANG

XML

Tujuan Penelitian ini meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD GMIT Camplong 2 tahun ajaran 2022/2023 pelajaran IPA dengan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL). Penelitian ini berlokasi di SD GMIT Camplong 2 Kabupaten Kupang. Subjek penelitianya seluruh siswa kelas IV SD GMIT Camplong 2 kabupaten Kupang (17 orang). Teknik pengumpulan data yang dipergunakan peneliti yakni observasi, tes, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran berbasis proyek adanya peningkatan dengan baik. Hasil pre-test menunjukan persentase ketuntasan siswa hanya 29,41%. Siklus I persentase ketuntasan 52,94% (9 orang yang tuntas), dengan nilai rata-rata kelas 68,11 serta siklus II persentase ketuntasan meningkat menjadi 88,17% (15 orang yang tuntas) dengan nilai rata-rata kelas 87,41. Meningkatnya hasil belajar siswa ditunjukan dari meningkatnya nilai rata-rata pengerjaan tes evaluasi serta keaktifan siswa di kelas yang dinilai dengan lembar observasi yang disediakan peneliti. Kesimpulannya yakni penggunaan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Gmit Camplong 2 kabupaten kupang.
Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Sesi Naomi Sabneno - Personal Name
Student ID
1901140268
Dosen Pembimbing
PAULINA RIWU GAH - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Ketua Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206 SAB P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA