Skripsi
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GMIT CAMPLONG 2 KABUPATEN KUPANG
XMLTujuan Penelitian ini meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD GMIT Camplong 2 tahun ajaran 2022/2023 pelajaran IPA dengan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL). Penelitian ini berlokasi di SD GMIT Camplong 2 Kabupaten Kupang. Subjek penelitianya seluruh siswa kelas IV SD GMIT Camplong 2 kabupaten Kupang (17 orang). Teknik pengumpulan data yang dipergunakan peneliti yakni observasi, tes, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran berbasis proyek adanya peningkatan dengan baik. Hasil pre-test menunjukan persentase ketuntasan siswa hanya 29,41%. Siklus I persentase ketuntasan 52,94% (9 orang yang tuntas), dengan nilai rata-rata kelas 68,11 serta siklus II persentase ketuntasan meningkat menjadi 88,17% (15 orang yang tuntas) dengan nilai rata-rata kelas 87,41. Meningkatnya hasil belajar siswa ditunjukan dari meningkatnya nilai rata-rata pengerjaan tes evaluasi serta keaktifan siswa di kelas yang dinilai dengan lembar observasi yang disediakan peneliti. Kesimpulannya yakni penggunaan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Gmit Camplong 2 kabupaten kupang.
Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Sesi Naomi Sabneno - Personal Name
|
Student ID |
1901140268
|
Dosen Pembimbing |
PAULINA RIWU GAH - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Ketua Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 1 Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
86206 SAB P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |