PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG MATERI GAYA PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) PADA KELAS IV SD INPRES KANITI

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG MATERI GAYA PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) PADA KELAS IV SD INPRES KANITI

XML

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA tentang Materi Gaya melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Kelas IV SD Inpres Kaniti Kabupaten Kupang Tahun Pelajaran 2022/2023.Dengan subjek penelitian 22 orang, laki-laki 12 orang dan perempuan 12 orang. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni teknik observasi, teknik tes, dan studi dokumentasi. Data yang telah diperoleh diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpers Kaniti dengan hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I dari 22 subjek penelitian 10 orang siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan sebesar (45,45%) karena siswa memperhatikan penjelasan guru, selalu berpatisipasi aktif dalam kerja kelompok siswa sesuai langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe TPS, sedangkan siswa tidak tuntas sebanyak 12 orang dengan presentase ketuntasan sebesar (54,55%) karena guru belum menguasai kelas dengan baik, guru belum sepenuhnya menguasai langkahlangkah model pembelajaran Kooperatif Tipe TPS, guru belum mengerti materi yang diajarkan, siswa belum terbiasa dengan model yang digunakan dan siswa kurang sungguh-sungguh dalam mengerjakan soal yang diberikan. Selanjutnya siklus II mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dari 22 subjek penelitian 22 orang siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan sebesar (90,99%) karena
siswa sudah terbiasa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dengan baik. Sedangkan 2 orang siswa yang tidak tuntas dengan presentase ketuntasan sebesar (9,10%) karena masih kurang aktif dalam kelompok dan kurang teliti dalam mengerjakan soal yang diberikan.

Kata Kunci: Model; Kooperatif; Tipe TPS; Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yorni Sae - Personal Name
Student ID
1701140174
Dosen Pembimbing
Taty R. Koroh - 19621004 198811 2 001 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206 SAE M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA