Skripsi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG MATERI GAYA PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) PADA KELAS IV SD INPRES KANITI
XML
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA tentang Materi Gaya melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Kelas IV SD Inpres Kaniti Kabupaten Kupang Tahun Pelajaran 2022/2023.Dengan subjek penelitian 22 orang, laki-laki 12 orang dan perempuan 12 orang. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni teknik observasi, teknik tes, dan studi dokumentasi. Data yang telah diperoleh diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpers Kaniti dengan hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I dari 22 subjek penelitian 10 orang siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan sebesar (45,45%) karena siswa memperhatikan penjelasan guru, selalu berpatisipasi aktif dalam kerja kelompok siswa sesuai langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe TPS, sedangkan siswa tidak tuntas sebanyak 12 orang dengan presentase ketuntasan sebesar (54,55%) karena guru belum menguasai kelas dengan baik, guru belum sepenuhnya menguasai langkahlangkah model pembelajaran Kooperatif Tipe TPS, guru belum mengerti materi yang diajarkan, siswa belum terbiasa dengan model yang digunakan dan siswa kurang sungguh-sungguh dalam mengerjakan soal yang diberikan. Selanjutnya siklus II mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dari 22 subjek penelitian 22 orang siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan sebesar (90,99%) karena
siswa sudah terbiasa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dengan baik. Sedangkan 2 orang siswa yang tidak tuntas dengan presentase ketuntasan sebesar (9,10%) karena masih kurang aktif dalam kelompok dan kurang teliti dalam mengerjakan soal yang diberikan.
Kata Kunci: Model; Kooperatif; Tipe TPS; Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Yorni Sae - Personal Name
|
Student ID |
1701140174
|
Dosen Pembimbing |
Taty R. Koroh - 19621004 198811 2 001 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1 Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
86206 SAE M
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |