Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Di Rumah Sakit Umum Daerah Bajawa

Detail Cantuman

Skripsi

Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Di Rumah Sakit Umum Daerah Bajawa

XML

Fokus penelitian ini yaitu untuk mengetahui Kepuasan Masyarakat di Rumah Sakit Umum Daerah Bajawa. Rumusan masalah penelitian ini adalah seberapa besar indeks kepuasan masyarakat terhadap Pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Bajawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Bajawa . Teori yang dipakai yaitu mengacu pada pedoman Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (mix method). Dalam mengumpulkan data menggunakan angket, wawancara, dokumentasi, dan obsevasi. Teknik sampel yang digunakan adalah accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 136 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk pelayanan di RSUD Bajawa adalah 67,25 berada pada kategori “Baik”. Hasil dari 8 indikator Indeks Kepuasan Masyarakat dengan range nilai antara 0-100, adalah sebagai berikut: (1) persyaratan pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 65,25 dengan kategori baik; (2) prosedur pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 64,00 dengan kategori baik; (3) waktu penyelesaian memiliki nilai IKM sebesar 61,75 dengan kategori kurang baik; (4) produk spesifikasi jenis pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 72 dengan kategori baik; (5) kompetensi pelaksana memiliki nilai IKM sebesar 74,00 dengan kategori baik; (6) perilaku pelaksana memiliki nilai IKM sebesar 66 dengan kategori baik; (7) penanganan pengaduaan, saran dan masukan memiliki nilai IKM sebesar 68,75 dengan kategori baik; (8) sarana dan prasarana memiliki nilai IKM sebesar 62,25 dengan kategori kurang baik. Unsur pelayanan yang harus diperbaiki (kategori kurang baik) adalah waktu penyelesaian dan sarana prasarana.
Kata kunci : Indeks Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Publik


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARIA OKTAVIANI RAWI KEO - Personal Name
Student ID
1803010227
Dosen Pembimbing
PETRUS KASE - 196208091988031002 - Dosen Pembimbing 1
LAURENSIUS P SAYRANI - 197802052006041001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Kase - 196208091988031002 - Ketua Penguji
Laurensius P Sayrani - 197802052006041001 - Penguji 1
Adriana Rodina Fallo - 197403062009122001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 KEO T
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA