Pelaksanaan Fungsi Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Tentang Dan Desa Golo Bore, Kecamatan Ndoso, Kabupaten Manggarai Barat

Detail Cantuman

Skripsi

Pelaksanaan Fungsi Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Tentang Dan Desa Golo Bore, Kecamatan Ndoso, Kabupaten Manggarai Barat

XML

Pemerintahan Desa merupakan suatu kegiatan dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa yaitu kepala desa dan perangkat desa. Pemerintahan desa juga merupakan unit dari lembaga pemerintahan yang paling berdekatan dengan masyarakat, posisi dan kedudukan hukumnya hingga kini selalu menjadi perdebatan terutama di tingkat elit politik. Pemerintah desa ialah subsistem penyelenggaraan pemerintah sehingga desa memiliki kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat. Kepala Desa bertanggung jawab kepada Badan Permusyawaratan Desa dan menyampaikan laporan pelaksanaan tersebut kepada Bupati.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah fungsi pemerintah desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Tentang dan Desa Golo Bore, Kecamatan Ndoso, Kabupaten Manggarai Barat? (2) Apakah yang menjadi faktor penghambat fungsi pemerintah desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Tentang dan Desa Golo Bore, Kecamatan Ndoso, Kabupaten Manggarai Barat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Dalam pelaksanaan pembangunan desa Tentang dan desa Golo Bore memprioritaskan pembangunan di kedua sisi baik itu pembangunan fisik maupun nonfisik. Pembangunan fisik berupa pemeliharaan fasilitas jembatan umum, pemeliharaan jalan desa sedangkan pembangunan nonfisik berupa, penyuluhan dan pelatihan pendidikan bagi masyarakat, penyuluhan dan pelatihan kesehatan. (2) Faktor-faktor Penghambat Pelaksanaan Fungsi Pemerintah Desa adalah: pertama Rendahnya kualitas sumber daya manusia dalam hal ini aparatur Desa Tentang dan Desa Golo Bore, hampir rata-rata aparatur desa bertamatan SMA, kedua Masih terbatasnya sarana dan prasarana Desa Tentang dan Desa Golo Bore, yakni peralatan kantor yang belum sesuasi kebutuhan, hal memeperhambat pelayanan masyarakat dalam hal admistrasi, ketiga Keuangan desa. Dalam hal minimnya anggaran desa. Yakni Pemerintah Desa Tentang dan Desa Golo Bore belum memiliki Pemdapatan Asli Desa (PAD) dan hanya bergantung pada DDS, ADD, dan BHPD.

Kata kunci: Fungsi Pemerintah Desa, Kesejahteraan Masyarakat, Pelaksanaan Pembangunan, Faktor Penghambat.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SALVATOR EVANDRI ADUR - Personal Name
Student ID
1902010294
Dosen Pembimbing
SARYONO YOHANES - 196207121989021000 - Dosen Pembimbing 1
HERNIMUS RATU UDJU - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rafael R Tupen - 196404201992031001 - Ketua Penguji
Saryono Yohanes - 196207121989021000 - Penguji 1
Hernimus Ratu Udju - 1961042398901001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 ADU P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA