Pengawasan Dan Penegakan Hukum Kantor Syahbandar Dan Otoritas Pelabuhan Kelas Iv Waingapu Terhadap Keselamatan Dan Keamanan Pelayaran

Detail Cantuman

Skripsi

Pengawasan Dan Penegakan Hukum Kantor Syahbandar Dan Otoritas Pelabuhan Kelas Iv Waingapu Terhadap Keselamatan Dan Keamanan Pelayaran

XML

Tugas dan tanggung jawab seorang syahbandar sangatlah penting dalam memberikan surat kelaiklautan kapal, ijin berlayar, keselamatan dan keamanan, serta seluruh kegiatan pelayaran angkutan laut di perairan Indonesia. Permasalahan pokok yang penulis teliti adalah: Bagaimanakah penanganan, peran pengawasan, dan tanggung jawab yang dimiliki syahbandar dalam implementasi fungsi keselamatan dan keamanan pelayaran. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagamainakah pengaturan pengawasan dan penegakan hukum Kantor Syabandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Waingapu terhadap keselamatan dan keamanan pelayaran? (2) Apakah faktor penghambat bagi Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Waingapu dalam melakukan pengawasan dan penegakan hukum terhadap keselamatan dan keamanan pelayaran?
Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif disamping itu di samping itu didukung dengan penelitian yuridis empiris. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif yang di mana fokus penelitiannya adalah pengawasan dan penegakan hukum terhadap keselamatan dan keamanan pelayaran dan laporan pertanggungjawaban. Data penelitian ini diperoleh dari lokasi penelitian secara langsung terhadap 30 narasumber.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuahn Kelas IV Waingapu mempunyai wewenang untuk melaksanakan pemantauan terhadap terlaksananya perundang-undangan untuk menjamin keselamatan dan dan keamanan pelayaran termasuk dalam kegiatan pencarian dan pertolongan di pelabuhan berdasarkan peraturan perundang-undangan Pasal 1 Nomor 17 tahun 2008. (2) Faktor penghambat bagi Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Waingapu dalam melakukan pengawasan dan penegakan hukum terhadap keselamatan dan keamanan pelayaran adalah kurangnya hokum di lingkup pengguna jasa juga menajdi salah satu sebab yang mempengaruhi kinerja tugas Syahbandar.
Kata Kunci: Pengawasan dan Penegakan Hukum Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Terhadap Keselamatan dan Keamanan Pelayaran.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ADDIE ALEXANDER KINBENU - Personal Name
Student ID
1902010656
Dosen Pembimbing
SARYONO YOHANES - 196207121989021000 - Dosen Pembimbing 1
HERNIMUS RATU UDJU - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr.Saryono Yohanes, S.H., M.H - 19620712 198902 1 001 - Ketua Penguji
Hernimus Ratu Udju, S.H.,M.H - 19610428 198901 1 001 - Penguji 1
Dr. Kotan Y Stefanus,S.H., M.Hum - 196012271987021001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 KIN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA